Susuk Wangan Sebagai Media Perkenalan Bagi Mahasiswa KKN 9 UMBY Di Cepogo

Susuk Wangan Sebagai Media Perkenalan Bagi Mahasiswa KKN 9 UMBY Di Cepogo

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 9 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang melakukan pengabdian di padukuhan Cepogo, Girimulyo, Windusari, Magelang, Jawa Tengah bersama masyarakat setempat mengikuti acara adat tahunan yaitu “Susuk Wangan” pada hari Senin (24/01/2022).

Farikhin selaku dukuh Cepogo menyampaikan, bahwa susuk wangan merupakan tradisi rutin yang dilakukan satu tahun sekali yang sudah turun-temurun dan terus dijaga hingga sekarang di satu sumber air.

“Susuk berarti membersihkan, Wangan berarti aliran air. Sehingga Susuk Wangan berarti membersihkan saluran air biar airnya lancar, warga selamat yang minum, selamat juga yang di minum,” jelas Farikhin.

Adapun runtutan acara yang pertama dibuka oleh tokoh masyarakat setempat, lalu sambutan oleh kadus bapak Farikhin, selanjutnya acara inti yakni doa bersama, setelah itu kenduri atau pembagian makanan untuk warga Cepogo berlanjut bersih-bersih area jalan setelahnya.

Serangkaian acara dilakukan bersama dengan masyarakat, dimulai sejak pagi hari dan berlangsung hingga siang hari.

Acara Susuk Wangan ini sendiri juga merupakan media bagi kelompok 9 KKN UMBY untuk melakukan perkenalan serta membangun keakraban dengan masyarakat di hari ke lima setelah penerjunan di dusun Cepogo.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok 9 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom.,M.Eng.,MCE., turut menyampaikan dukungan pada kegiatan Susuk Wangan kali ini.

“Selain untuk melestarikan tradisi, kegiatan kali ini juga bermanfaat dalam membangun keakraban antar mahasiswa dan masyarakat setempat, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” ungkap Anief.

Penulis : Ayu Minati & Hilda Nurulita

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post