Pentingnya Memahami Kesehatan Mental, KKN 57 UMBY Gelar Psikoedukasi di Kuwon Lor

Psikoedukasi Kesehatan Mental KKN 57 UMBY di Kuwonlor

dilamedia.com, Mental yang sehat dapat diartikan sebagai kesejahteraan batin, sehingga seseorang dengan kondisi mental yang sehat akan dapat menjalankan kehidupan lebih optimal dan membantu seseorang dalam mencari relasi.

Melihat pentingnya menjaga kesehatan mental tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 57 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan psikoedukasi dengan tema “Kesehatan Mental pada Lansia”.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu (05/08/2023), di Balai Dusun Kuwonlor dan diikuti oleh ibu-ibu dan kader di dusun tersebut.

Ifa Maharani Ahlis Bukhari, selaku penanggung jawab program kerja menyampaikan tujuan dari kegiatan ini salah satunya untuk memberi pemahaman mengenai pentingnya mengenali gejala gangguan kesehatan mental, sehingga penangannya dapat diupayakan sesegera mungkin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu dan lansia tentang pentingnya kesehatan mental, serta membekali mereka dengan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi dan mencegah adanya stigma terkait kesehatan mental di masyarakat setempat,” jelas Ifa.

Kegiatan ini dipandu oleh mahasiswa Psikologi UMBY yang juga tim KKN kelompok 57 UMBY, yaitu Elsa Nofriyanti, Ifa Maharani Ahlis Bukhari, dan Sanya Agrestina.

Pada saat penyampaian materi, mahasiswa KKN kelompok 57 UMBY juga memberikan informasi tentang apa itu kesehatan mental, berbagai jenis gangguan kesehatan mental, dan mendeskripsikan dampak dari kesehatan mental yang terabaikan.

Selain itu, juga disampaikan pentingnya empati dan saling menghargai antar masyarakat, pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua orang, serta mengajak seluruh peserta untuk berperan aktif dalam mencegah gangguan kesehatan mental dan memberantas stigma masyarakat terhadap kesehatan mental.

Respon positif terlihat dari para ibu-ibu yang menjadi peserta, hal ini terlihat dari keaktifan peserta untuk berpartisipasi dalam diskusi, berbagi pengalaman, dan mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa.

Ichlasia Ainul Fitri, S.TP., M.Sc., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 57 UMBY turut memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

“Terimakasih untuk pemberi materi Elsa Nofriyanti, Ifa Maharani, Sanya Agres khususnya dan seluruh tim KKN kelompok 57 atas ilmu yang telah diberikan untuk mengedukasi Ibu-ibu di dusun Kuwonlor,” tutur Ichlasia.

“Dengan adanya ini, nantinya diharapkan ibu-ibu di Dusun Kuwonlor lebih peka terhadap kesehatan mental, memiliki pengetahuan yang cukup untuk merespon situasi dan menjadi individu yang peduli terhadap sesama, serta membawa perubahan untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lebih sehat,” tutup Ichlasia.

Kontributor : Ifa Maharani Ahlis Bukhari, Elsa Nofriyanti BR Sinaga, Sanya Agrestina Purwanto
Editor : Haya Azzura Rasya

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post