KKN UMBY Ajak Masyarakat Dusun Pakis Kidul Jaga Kebersihan Lingkungan

Upaya Bersih Desa Mahasiswa KKN 26 UMBY

dilamedia.com, Permasalahan sampah di Indonesia seolah belum pernah terlihat ujungnya, salah satunya seperti yang ditemui di Dusun Pakis Kidul, Desa Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, padahal selain mencemari lingkungan, sampah juga merupakan sarang berbagai macam penyakit.

Di dusun Pakis Kidul terdapat sangat banyak sampah yang dibuang pada selokan dan sungai. Berbagai macam jenis sampah yang dibuang pada selokan maupun sungai misalnya sampah kantong plastik, sayur busuk, popok, potongan kain, banner dan masih banyak lagi.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berupaya mengajak masyakat Pakis Kidul untuk kerja bakti bersama, pada hari Minggu (14/02/2022).

Ana Karalina Said selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan, bahwa sampah ini merupakan masalah yang paling sulit untuk diatasi jika kesadaran masyarkat ini masih tertanam dalam diri individu.

"Kegiatan ini diadakan karena banyak masyarakat Pakis Kidul yang belum sepenuhnya memiliki kesadaran diri terhadap kebersihan selokan dan sungai. Masyarakatnya cendrung mengabaikan kebersihan lingkungan, hal ini disebabkan karena jauhnya tempat pembungan akhir sampah," jelas Ana.

Kegiatan kerja bakti ini dimulai dengan membersihkan selokan di jalan masuk desa dan membersihkan sampah di aliran air sungai.

Sebelum melakukan kegiatan bersih desa, sebelumnya mahasiswa kelompok KKN 26 UMBY juga telah melakukan sosialisasi mengenai pengolahan sampah pada hari Rabu (10/08/2022).

Elizabeth Sofia L. Harin, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

"Kerja bakti dapat berjalan dengan lancar, hal ini ditunjukkan dengan sampah di selokan dan sungai sudah mulai terlihat berkurang," kata Elizabeth.

"Harapan kami setelah melakukan kegiatan bersih desa dan mengenalkan tentang sampah, masyarakat dapat menerapkannya dan menjaga kebersihan lingkungan,"imbuhnya lagi.

Edi, salah satu tokoh masyarakat mengungkapkan rasa terima kasihnya atas program kerja bakti mahasiswa KKN di Dusun Pakis Kidul.

“Melihat semangatnya anak KKN membuat warga dusun Pakis merasa ikut senang dan saat dibersihkan sungai kembali lagi terlihat bersih dan enak dilihat,” tutur Edi.

Perlu diketahui bahwa KKN UMBY kelompok 26 merupakan bimbingan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., yang beranggotakan 10 orang mahasiswa. Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus 2022.

Kontributor : Ana Karalina Said

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post