KKN 33 UMBY Bagikan Bibit Apel Putsa

KKN 33 UMBY Bagikan Bibit Apel Putsa

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 33 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Semester Genap T.A. 2020/2021 melakukan kegiatan program kerja KKN UMBY dengan membagikan bibit buah apel putsa pada hari Rabu (18/08/2021) dan Jum’at (20/08/2021) di dusun Manggung, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Program kerja ini tidak hanya serta merta membagikan bibit buah apel putsa saja, tetapi kami juga memberikan sedikit sosialisasi tentang cara perawatan, cara membedakan bidara arab dan bidara apel putsa dan juga manfaat buah apel putsa untuk kesehatan dalam bentuk lisan dan dalam bentuk poster. 

Bibit buah apel putsa ini kami pilih karena mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia di tengah masa pandemi Covid-19 sekarang ini, selain itu juga berdasarkan saran dari bapak dukuh Dusun Manggung Bapak Farit Hermawan bahwa tanaman buah apel putsa ini masih belum dikenal di Dusun Manggung, informasi dari penyuluh pertanian yang ada di Dusun setempat juga memberikan informasi bahwa buah apel putsa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. 

Manfaat buah apel putsa untuk kesehatan manusia diantaranya adalah untuk mengurangi resiko kanker usus besar, mencegah penyakit jantung, mengatasi diabetes, mengencangkan kulit selain itu buah apel putsa ini juga kaya akan antioksidan. 

Dikutip dari dndsandyra.com, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng. juga sangat mendukung program kerja mahasiswa KKN tersebut, dengan membagikan bibit buah apel putsa dan memberikan edukasi terhadap warga masyarakat dusun Manggung untuk budidaya dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

"Dengan dibagikan bibit buah apel putsa diharapkan warga dusun Manggung dapat mengisi waktu senggang untuk merawat bibit buah apel putsa untuk menghilangkan rasa bosan selama WFH dan nantinya jika tanaman buah apel putsa sudah berbuah dapat dikonsumsi sendiri hal ini dapat menekan pengeluaran untuk membeli buah-buahan," tutur Noviana Sejati selaku penanggung jawab program.

"Penyampaian bibit ini dilakukan secara langsung kepada ketujuh RT yang disampaikan secara lisan dan menggunakan poster untuk informasi lebih lengkap," jelas Sajidah Ulfah.

Dari pembagian bibit apel putsa ini warga menerima dengan senang karena di dusun Manggung belum ada yang mengelola apel putsa.


Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post