KKN 33 UMBY Buat Logo UMKM Untuk Warga Di Dusun Manggung

KKN 33 UMBY Buat Logo UMKM Untuk Warga Di Dusun Manggung

dilamedia.com, Pada saat ini perekonomian di Indonesia cukup menurun dengan drastis, banyak para pelaku kegiatan usaha yang mengalami kebangkrutan akibat persaingan bisnis yang luar biasa ketat. Perubahan kebiasaan pada masyarakat dalam penggunaan teknologi, mau tidak mau juga merubah pola bisnis yang sudah berjalan sebelumnya. 

Hal ini mendorong mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 33 mengadakan program kerja strategi penjualan pada usaha kecil. Program kerja ini fokus pada strategi penjualan yang dapat meningkatkan penjualan. KKN ini dilakukan di Dusun Manggung, Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. 

Target utama yang menjadi sasaran adalah warung nasi bubur Pak Basir dan warung penjualan es buah Bu Tria, yang saat ini diketahui bahwa mengalami penurunan penjualan akibat ketatnya persaingan usaha dan kurang dikenalnya merek mereka sehingga product knowledge juga rendah.

Langkah selanjutnya yang diambil oleh KKN UMBY Kelompok 33 adalah strategi promosi untuk mengenalkan produk sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan. 

Strategi yang dilakukan untuk Warung Nasi Bubur Pak Basir dan Warung Es Buah Bu Tria adalah dengan pemasangan banner di lokasi penjualan. Hal ini bertujuan agar calon konsumen dapat mengenal produk yang ditawarkan sekaligus memudahkan calon konsumen tersebut untuk menemukan lokasi penjualan.

Seperti dikutip dari dndsandyra.com, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 33, A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., berharap bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha dapat digunakan dengan baik, dan dapat membantu meningkatkan volume penjualan produk. 

Sedangkan untuk mahasiswa KKN UMBY, ia menyampaikan walaupun dengan keterbatasan waktu yang diberikan untuk pengabdian KKN UMBY, paling tidak sudah merasakan bagaimana terjun ke dunia yang sesungguhnya dengan berbaur di masyarakat, sehingga dapat dijadikan pengalaman untuk mahasiswa ke depannya.

Program kerja ini juga bermanfaat sebagai ide pelaku usaha lain dalam menerapkan strategi yang relevan, manfaat lainnya adalah memberikan contoh yang baik kepada mahasiswa maupun masyarakat sekitar untuk lebih peduli kepada UMKM lokal yang kini sedang mengalami kesulitan. 

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post