KKN 42 UMBY Bagikan 1000 Masker di Pasar Beringharjo Barat

KKN 42 UMBY Bagikan 1000 Masker di Pasar Beringharjo Barat

dilamedia.com, Mulai menurunnya kesadaran pedagang dan pengunjung pasar Beringharjo akan situasi pandemi yang masih berlangsung, menggerakkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 42 mencanangkan gerakan 1000 masker.

Kegiatan yang dilakukan pada hari Jum’at (29/01/2022) tersebut, dilakukan denga membagikan setidaknya 1000 masker untuk para pedagang dan pengunjung pasar Beringharjo Barat.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN kelompok 42 UMBY terhadap pencegahan penularan virus covid-19, mengingat kasus covid-19 di Yogyakarta mengalami tren kenaikan dalam beberapa pekan terakhir.

Pulihnya memulihnya aktivitas pasar, serta banyaknya pengunjung dari luar kota yang datang, dikhawatirkan akan meningkatkan penyebaran virus covid-19. Apalagi Pasar Beringharjo merupakan salah satu icon kota Yogyakarta tentunya menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh.

Selain 1000 masker, Kelompok 42 KKN UMBY juga menempelkan poster himbauan yang berbunyi “Area Wajib Bermasker”, “Cara Belanja Era New Normal”, serta “Cara mencuci tangan dengan benar” yang ditempelkan di banyak sudut pasar yang mudah terlihat oleh pedagang dan pengunjung pasar Beringharjo.

Selain itu mahasiswa KKN kelompok 42 UMBY juga melakukan pemasangan alat deteksi suhu pada pintu masuk pasar Beringharjo, harapannya nanti para pengunjung pasar dapat melakukan cek suhu tubuh sebelum memasuki pasar.

Lurah Pasar Beringharjo Barat, Aroni Fasah, menilai upaya yang telah dilakukan mahasiswa KKN kelompok 42 UMBY sudah cukup efektif.

“Kegiatan tersebut cukup efektif sebagai langkah meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan pedagang dan pengunjung pasar Beringharjo terhadap penyebaran virus covid-19, terlebih varian omicron yang semakin meningkat” tutur Aroni.

Penulis : Ervi Indriyani

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post