Prodi Psikologi UMBY Gelar Pembekalan Magang

Pembekalan Magang prodi Psikologi UMBY

dilamedia.com, Program Studi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan pembekalan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema “Membangun Profesionalitas di Tempat Kerja”.

Pembekalan dilakukan secara daring melalui Zoom, pada Sabtu (26/03/2022) dan diikuti oleh seluruh peserta magang Fakultas Psikologi UMBY. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog, dalam kegiatan ini juga dihadiri Narastri Insan Utami, M.Psi., Psikolog selaku Kaprodi S1 Psikologi UMBY.

Narastri menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana fakultas Psikologi UMBY dalam menyelenggarakan program magang. “Di Fakultas Psikologi UMBY, mahasiswa Fakultas Psikologi semester 6 kini sudah bisa mengikuti program magang,” jelas Narastri.

Terdapat 3 kategori dan 7 lokasi penempatan magang mahasiswa, yaitu Margaria Group dan Jawara Digital untuk bidang peminatan Psikologi Industri dan Organisasi serta SD Suronatan dan SMA Kesatuan Bangsa untuk bidang psikologi Pendidikan. Di sisi lain, terdapat tiga lokasi untuk bidang peminatan klinis yaitu SLB Tuna Laras, RSB Baznas, dan IPK DIY.

“Terdapat rangkaian proses seleksi yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Dari proses seleksi tersebut, kami memperoleh 12 mahasiswa terpilih yang siap diterjunkan untuk mengikuti proses magang,” ujar Narastri.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa, seperti IPK 3 atau lebih tinggi dan memiliki pengalaman organisasi. Pihak Fakultas akan melakukan proses seleksi mahasiswa untuk mendaftar guna mencari kandidat yang cocok dengan lokasi penempatan.

Dalam pemaparan materinya, Nanda memaparkan tiga pokok bahasan. Tiga topik utama tersebut adalah kenali value diri dan organisasi, adaptasi dalam dunia magang serta gambaran umum tentang teknik presentasi.

“Pekan pertama adalah masa adaptasi. Sangat wajar sebagai anak baru untuk bertanya terkait seluk beluk perusahaan hingga ke tugas yang akan dilakukan selama proses magang. Manfaatkan momen ini dengan banyak bertanya serta menunjukan sikap ramah pada semua orang”, ujar Nanda.

Di akhir kegiatan para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan melakukan simulasi presentasi di breakoutroom.

Seluruh peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan pembekalan magang. Hal tersebut tampak dari keaktifan saat sesi diskusi maupun simulasi di masing-masing breakoutroom.

Kegiatan yang dilakukan secara daring menggunakan Zoom tersebut berakhir pada pukul 12.30 WIB.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post