Tingkatkan Solidaritas, KKN UMBY Gandeng KKN UMY Semarakan HUT RI ke 78 di Semuluh Kidul

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 16 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bantu masyarakat dalam memeriahkan kegiatan hari kemerdekaan 17 Agustus di Semuluh Kidul, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul.

Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada hari Sabtu (12/08/2023) dan minggu (12/08/2023) di balai Padukuhan Semuluh Kidul.

Yudi Anto selaku ketua KKN Kelompok 16 UMBY menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menjalin solidaritas antar warga.

“Selain untuk memeriahkan HUT RI ke 78, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin solidaritas warga Padukuhan Semuluh Kidul dan melaksanakan kegiatan yang positif,” ungkap Yudi.

Dalam pelaksanaannya KKN Kelompok 16 UMBY kolaborasi dengan KKN kelompok 031 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Kegiatan hari pertama, diselenggarakan lomba anak-anak antara lain lomba makan kerupuk, balap kelereng, balap karung, pindah gelas dengan galon dan memasukkan paku dalam botol. Kegiatan lomba ini diikuti oleh 75 anak anak Dusun Semuluh Kidul.

Selanjutnya pada hari kedua, diadakannya senam sehat yang dipandu oleh Yuli Aero BL sebagai intruktur senam. Kegiatan senam ini diikuti oleh 200 masyarakat Dusun Semuluh Kidul dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Diakhir kegiatan tim KKN UMBY dan KKN UMY juga membagikan doorprize kepada peserta senam.

Ida Bagus Aditya Brahmandita selaku ketua pelaksana menyampaikan, bahwa peserta dalam kegiatan ini sangat antusias dan kompak.

“Harapannya dari kegiatan ini masyarakat bisa lebih solid lagi dari anak-anaknya, ibu-ibu hingga bapak-bapak,” ujar Aditya.

“Perlombaan yang diadakan sangat beragam. Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa ini, membuat perayaan HUT RI menjadi sangat meriah,” ungkap Anief FAuzan Rozi, S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 16 UMBY.

Senada dengan itu, Suyat, Dukuh Semuluh Kidul, juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya perlombaan ini.

“Warga tampak semangat untuk memenangkan perlombaan. Kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN UMBY dan UMY yang telah menyelenggarakan lomba di Semuluh Kidul,” kata Suyat.

Kontributor : Bulan Natalia
Editor : DnD

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post