KKN 35 UMBY Adakan Proker Pemanfaatan Lahan dan Pembuatan POC

program kerja KKN Pemanfaatan Lahan dan Pembuatan POC

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 35 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Semester Genap T.A. 2020/2021 melakukan kegiatan program kerja KKN Pemanfaatan Lahan dan Pembuatan POC pada hari Kamis (29/07/2021).

Budidaya tanaman hortikultura berupa sayuran dimulai dengan penyemaian benih untuk selanjutnya akan dipindahkan ke dalam polibag setelah 7-10 hari setelah tanam. Kegiatan ini melibatkan beberapa Ibu-Ibu PKK dari RT 1 di dusun Nogosari 1. 

Sembari menjelaskan cara penyemaian benih sayuran, Ibu-Ibu turut ikut dalam proses penyemaian agar bisa langsung mempraktikkan caranya. Benih sayuran yang disemai adalah benih kangkung dan benih caisim. Setelah disemai, disimpan di tempat yang teduh dan disiram setiap satu kali sehari.

Selain kegiatan penyemaian, ada kegiatan pembuatan pupuk organik cair (POC) dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Proses pembuatan POC ini didemonstrasikan di depan Ibu-Ibu PKK sambil menjelaskan kegunaan bahan-bahan tersebut. 

Setelah semua bahan POC dicampur dan diaduk secara rata, disimpan di wadah tertutup dan disimpan untuk difermentasi. Setiap tiga hari sekali dibuka untuk diaduk dan mengeluarkan gas yang tertampung. POC ini akan siap untuk digunakan setelah 3 minggu setelah pembuatan.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post