Mahasiswa KKN 43 UMBY Kenalkan Aplikasi Sepasar Di Pasar Beringharjo

Mahasiswa KKN 43 UMBY kenalkan aplikasi Sepasar kepada pedagang

dilamedia.com, Mahasiswa KKN Tematik 43 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan kegiatan digitalisasi pasar tradisional dengan memperkenalkan aplikasi Sekolah Pasar (Sepasar) kepada pedagang Pasar Beringharjo Timur pada hari Minggu (23/01/2022).

Memasuki era industri 4.0 tentunya pelaku usaha khususnya pedagang pasar perlu untuk melakukan pengembangan diri ke arah digital agar usahanya dapat tetap bertahan dan mampu bersaing di tengah perkembangan teknologi sekaligus ancaman Pandemi Covid-19. 

Aplikasi Sekolah Pasar (Sepasar) merupakan sebuah aplikasi yang sangat sesuai untuk menunjang keberhasilan pedagang pasar tradisional secara digital khususnya dimasa pandemi seperti ini. Hal ini dikarenakan, aplikasi Sepasar menyediakan banyak materi pembelajaran yang berbentuk video bagi pedagang pasar seperti coping stress dimasa pandemi, dllyang dapat diakses secara onlineyang disertai dengan platform chat sebagai tempat untuk berkomunikasi antara pedagang dan tim Sepasar terkait kendala yang dialami oleh pedagang. 

Awan Santosa, S.E., M.Sc., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengarahkan mahasiswa KKN 43 UMBY untuk memperkenalkan aplikasi Sepasar kepada pedagang Pasar Beringharjo Timur. 

Proses pengenalan ini diawali dengan menjelaskan aplikasi Sepasar secara fungsional kepada pihak pedagang disertai dengan cara penggunaan aplikasi tersebut. Selanjutnya, mahasiswa menawarkan kepada pedagang untuk ikut serta dalam kelas online Sepasar. 

Setelah mendapatkan penjelasan terkait aplikasi Sepasar, ketertarikan pedagang cukup tinggi sehingga  mahasiswa mulai melakukan pendataan pedagang untuk didaftarkan ke dalam aplikasi, serta mendampingi pedagang untuk mendownload aplikasi Sepasar di playstore.  

Setelah mendownload aplikasi, pedagang akan mendapatkan ID pengguna untuk mengakses aplikasi Sepasar dan dapat mulai melakukan proses kelas pembelajaran. 


Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post