Mahasiswa KKN 51 UMBY Dampingi Pedagang Pasar Klithikan Pakuncen Bangkit Dari Covid

Mahasiswa KKN 51 UMBY Dampingi Pedagang Pasar Klithikan

dilamedia.com, Selama 2 tahun lebih, pandemi Covid-19 telah merubah banyak hal, tak terkecuali di Pasar Klithikan Pakuncen Yogyakarta. Padahal pasar ini memiliki letak strategis yaitu di Jalan Hos Cokroaminoto No. 34 Kuncen, Kasihan, Bantul, DI. Yogyakarta.

Selain dekat dengan pemukiman penduduk, pasar ini juga berada dekat dengan lokasi wisata di pusat Yogyakarta. Sayangnya kegiatan jual beli yang biasanya ramai, kini terlihat lenggang karena ketakutan masyarakat untuk bersosialisasi dan berbelanja di tempat umum seperti pasar.

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 51 melakukan pendampingan terhadap para pedagang di Pasar Klithikan Pakuncen Yogyakarta.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN kelompok 51 UMBY adalah membagikan masker dan juga vitamin-c kepada para pedagang pasar juga penyediaan sabun cuci tangan untuk beberapa tempat di sekitar pasar sebagai tindakan pencegahan terhadap Pandemi Covid-19.

Selain itu, beberapa kegiatan lain yang dilakukan adalah melakukan perawatan kolam dan mengecatnya, meletakkan tumbuhan agar menambah keindahan pasar, perbaikan prasarana pasar, dan memberikan alat-alat kebersihan kepada setiap blok pasar agar dapat dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan di Pasar Klithikan.

Beberapa kegiatan tersebut menjadi fokus bagi mahasiswa KKN kelompok 51 UMBY, hal ini dilakukan agar masyarakat dan pedagang sama-sama merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatan berbelanja di tengah pandemi.

Yasser Yazid selaku ketua kelompok mengatakan bahwa program kerja (proker) kelompok tidak berhenti disitu saja.

“Nantinya ada proker yang akan difokuskan untuk mengedukasi para pedagang agar mampu mengikuti perkembangan teknologi dan berjualan online. Dengan begitu, nantinya diharapkan dapat menjangkau para pembeli di mana saja,” jelas Yasser.

“Hal ini dilakukan agar dapat menghidupkan kembali kegiatan di Pasar Klithikan, sehingga dapat segera memulihkan kondisi perekonomian para pedagang,” imbuhnya lagi.

Perlu diketahui bahwa KKN UMBY kelompok 51 merupakan bimbingan Dr. Sundari dengan 11 orang mahasiswa yaitu Rendy, Ilham, Yasser, Pulung, Galih, Adita, Tia, Sari, Mila, Dwi dan Anneta. Kegiatan KKN akan dimulai dari tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2022.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post