Waspada Bullying Di Lingkungan Sekolah, Mahasiswa KKN 8 UMBY Berikan Sosialisi

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 8 mengadakan sosialiasi terkait bullying di SD N Girimulyo yang terletak di Dusun Kuadaan 2, Desa Girimulyo, Kecamaran Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada hari Selasa (8/02/2022).

Bullying merupakan aksi yang perlu diwaspadai dan menjadi perhatian, mengingat betapa bahayanya aksi tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh bullying banyak terjadi di lingkungan sekolah, tak terkecuali di lingkungan sekolah dasar (SD).

Bullying yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai penindasan, merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Bullying bisa berdampak buruk bagi korban, dampak yang dapat dirasakan diantaranya adalah membenci diri sendiri, hilangnya semangat dalam menjalani kehidupan, ketakutan yang mendalam, trauma ringan maupun akut. Lebih parah lagi, jika sudah pada titik tertinggi bullying dapat menyebabkan seseorang mengakhiri kehidupannya (bunuh diri).

Aristo selaku ketua KKN kelompok 8 menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi para siswa mengenai apa itu bullying, dampaknya, serta bagaimana menyikapi bullying di lingkungan sekolah.

Hudiyono selaku kepala sekolah di SD N Girimulyo menyampaikan bahwa sosialisasi ni disambut baik oleh pihak sekolah serta para siswa di SD Girimulyo, mengingat partisipasi yang cukup baik dari kedua belah pihak.

Sosialisasi ini juga diharapkan dapat mengurangi adanya potensi bullying yang terjadi di SD Girimulyo baik dari dalam maupun luar lingkungan sekolah.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 8 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE, menyampaikan bahwa edukasi mengenai bullying perlu ditanamkan sejak dini.

“Di samping sosialisasi yang telah diberikan, di sisi lain peran orang tua dan perangkat sekolah juga sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan edukasi yang telah diberikan, dengan begitu tumbuh kembang anak dapat berjalan lebih optimal,” tutur Anief.

Dokumentasi :

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post