KKN 37 UMBY Adakan Pelatihan Pemasaran Online pada UMKM di Dusun Cagunan Bantul

Pelatihan Pemasaran Online pada UMKM di Dusun Cagunan KKN 37 UMBY

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 37 mengadakan pelatihan pemasaran online di aplikasi shopee pada UMKM di Dusun Cagunan, Trimurti, Srandakan, Bantul.

Pelatihan ini diikuti oleh masyarakat Dusun Cagunan yang memiliki serta menjalankan usaha kecil atau UMKM diberbagai bidang usaha.

Pelatihan ini bertujuan memberikan edukasi kepada pelaku UMKM, sehingga berani membuka usaha dan memasarkannya secara online menggunakan merketplace.

Rohmad Sugeng Wibawa selaku ketua kelompok KKN 37 UMBY menjelaskan, bahwa pelatihan ini menyasar UMKM di Dusun Cagunan yang pemasarannya masih dilakukan secara konvensional.

“Proker ini tuh kita buat untuk warga Cagunan yang punya usaha. Jadi dari pelatihan ini bisa membantu mereka memasarkan jualannya di era pandemi yang serba online,” ungkap Rohmad.

Shadrina Hazmi selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok (DPL) KKN 37 UMBY menambahkan, dengan adanya pelatihan seperti ini dapat memperkenalkan teknologi terkhusus di bidang pemasaran guna meningkatkan pendapatan usaha.

“Program tersebut saya rasa tepat sasaran ya, karena di desa tersebut banyak industri rumahan yang pelakunya adalah warga sekitar,” tutur Shadrina.

“Dengan adanya program tersebut diharapkan bisa membentuk warga mengenal teknologi khususnya dibagian pemasaran sehingga dapat meningkatkan pendapatan usaha,” imbuhnya lagi.

Warga sangat menyambut kedatangan peserta KKN 37 UMBY dan berharap agar kegiatan positif ini dapat berkelanjutan.

Mursidi salah satu pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan menuturkan, bahwa kegiatan pelatihan pemasaran online ini merupakan kegiatan positif yang sangat membantu para UMKM.

“Kita memandang positif sekali kegiatan ini sebab saya sendiri terbantu dengan adanya pelatihan ini apalagi saya ini jualannya masih manual belum paham jualan di internet begitu,” tutur Mursidi.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post