Mahasiswa KKN 88 UAD Dampingi Persiapan ASPD MI Al Islamiyah Koripan

Dokumentasi Pendampingan Persiapan ASPD KKN UAD

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelomok 88 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan pendampingan persiapan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) kepada siswa-siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islamiyah Koripan yang berada di Dusun Koripan 1, Kelurahan Dlingo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

ASPD merupakan evaluasi pembelajaran pada kegiatan belajar-mengajar yang selama ini dilakukan secara daring, dan digunakan untuk memetakan hasil belajar dan acuan penilaian seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) ke jenjang yang lebih tinggi.

ASPD untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs ditetapkan berdasarkan kebijakan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) bersama Dinas Pendidikan dari setiap kabupaten/kota di Yogyakarta sejak 2021.

Bimbingan pendampingan persiapan ASPD oleh Mahasiswa KKN 88 UAD dilakukan untuk kelas 6 (enam) selama 6 (enam) hari yaitu pada tanggal 15, 17, 19 Februari 2022 dan 21–23 Februari 2022.

Bimbingan dilakukan dengan memberikan latihan dan pembahasan soal terhadap meteri Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA sesuai kisi-kisi ASPD DI Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022.

Hidayatus Sholiha (siswi kelas 6) menyampaikan, bahwa penyampaian dalam pengajaran di kelas sudah jelas, baik dan mudah dipahami terutama IPA.

“Harapan saya, mudah-mudahan ilmu yang dibagikan kepada saya dapat bermanfaat,” ungkap Hidayatus.

Nurcholis selaku kepala sekolah MI Al Islamiyah Koripan juga menyampaikan, Sebelum kehadiran KKN 88 UAD, siswa-siswi kelas 6 (enam) sudah diberikan tambahan jam pelajaran pada sore hari untuk menyambut ujian Tes Pendalaman Materi (TPM) yang diadakan 3 (tiga) kali sebelum pelaksanaan ASPD pada 23–25 Februari 2022.

“Kesan kami mahasiswa KKN sangat bertanggung jawab dalam mengemban tugas, ramah, dan komunikatif. Meski masih mahasiswa, mereka sudah bisa bersama-sama anak didik dalam pembahasan materi,” imbuh Nurcholis.

“Alhamdulillah dengan kehadiran mahasiswa KKN UAD sangat membantu kami dalam memberikan pendalaman materi ASPD siswa MI Al Islamiyah Koripan,” lanjutnya.

Perlu diketahui, mahasiswa KKN tersebut yaitu Mutiara Sagita dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Nur Hariani Putri dari Program Studi Akutansi, Salma Dewina Salimah dari Program Studi Farmasi, dan Firdiansyah dari Program Studi Ilmu Hadis.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post