Mahasiswa KKN UAD Olah Jambal Jadi Makanan Kekinian

Mahasiswa KKN UAD Saat Membuat Makanan Dari Jambal

dilamedia.com, Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membuat makanan kekinian nugget dari kulit singkong atau biasa disebut jambal yang biasanya hanya dibuang atau dijadikan pakan ternak.

Program ini direalisasikan oleh mahasiswa KKN UAD dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan jambal menjadi nugget pada kelompok Dasawiswa di Padukuhan Srandu, Kalibawang, Kulon Progo, pada hari Kamis (10/02/2022).

Kegiatan diawali dengan pelatihan pembuatan nugget, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung yang dilakukan oleh kelompok Dasawisma yang hadir dan dipandu oleh mahasiswa KKN UAD.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memotivasi ibu-ibu di Padukuhan Srandu untuk dapat berkreasi dengan menggunakan bahan baku yang sangat familiar di lingkungannya. Sehingga mampu membangkitkan kesejahteraan di dalam rumah tangga dan memajukan ekonomi Indonesia melalui UMKM.

Sarinah selaku ketua Dasawisma menyampaikan harapan dan rasa terimakasihnya pada mahasiswa KKN UAD.

“Kulit singkong sangat banyak ditemukan di Padukuhan Srandu, karena mayoritas warga di sini memiliki kebun singkong. Adanya pelatihan ini semoga dapat membuat kami mampu berkreasi dalam menciptakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat dan semua kalangan,” tutur Sarinah.

Senada dengan Sarinah, Dukuh Srandu juga menyampaikan bahwa sejauh ini warga hanya memanfaatkan kulit singkong sebagai pakan ternak, bahkan dibuang. Sekarang jambal sudah bisa dibuat menjadi makanan yang enak dan lezat.

“Jambal sebagai bahan baku utama untuk pembuatan nugget pada saat pelatihan juga diperoleh langsung dari petani singkong yang ada di Srandu. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menaikkan perekonomian warga dari jambal yang dulunya selalu dibuang,” ungkap Dukuh di Padukuhan Srandu.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post