Mahasiswa PGSD UAD Raih Juara I Lomba Media Pembelajaran Nasional

Mahasiswa PGSD UAD Raih Juara I Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

dilamedia.com, Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Mahasiswa tersebut berhasil meraih juara I lomba media pembelajaran tingkat nasional.

Mahasiswa UAD yang menorehkan prestasi tersebut merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mahasiswa tersebut tergabung dalam tim bernama NIPANG yang diketuai oleh Rashika Ardafa Sahila dan 2 (dua) anggota timnya yaitu Rosa Rahayu Mintarsih dan Intan Meifilindati.

Lomba Media Pembelajaran Nasional itu sendiri merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh HMP Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta ini pada Februari–Maret 2022.

Dalam keterangannya, Dafa menceritakan tahapan yang harus dilakukan selama mengikuti lomba.

“Peserta harus membuat media pembelajaran bersama timnya. Kemudian, media yang telah dibuat dipresentasikan secara mandiri, yaitu mengenai cara penggunaan media dan dikirimkan melalui email dalam bentuk video (maksimal 10 menit). Setelah itu, pada tahap penyisihan hasil tersebut dinilai oleh 3 juri dan diambil 10 karya terbaik untuk melanjutkan ke tahap final. Selanjutnya pada sesi final, peserta terpilih harus mempresentasikan media tersebut (maksimal 7 menit) melalui aplikasi Zoom untuk diambil juara I, II, dan III,” kata Dafa.

Dafa dan tim manyampaikan ketertarikan dalam mengikuti lomba Inovasi Media Pembelajaran adalah sebagai wujud komitmen sebagai calon pendidik untuk membuat sebuah karya berupa media pembelajaran interaktif dan inovatif yang diperuntukkan bagi pembelajaran yang berkualitas.

“Kami berharap, karya kami dapat menjadi contoh sekaligus dakwah kepada guru di Indonesia. Serta, dapat memberikan solusi yang tepat untuk memberikan materi pembelajaran yang dapat diakses peserta didik dari rumah saat kondisi pandemi Covid-19,” imbuhnya lagi.

Di akhir Dafa berpesan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa UAD.

“Jangan pernah merasa percuma saat mengikuti sebuah perlombaan, karena kesempatan meraih juara hanya Allah yang tahu. Walaupun gagal teruslah bangkit dan jangan pernah merasakan kepuasan. Jika perlombaan bersifat kelompok, jaga kekompakan dan hindari sikap egois. Dorong motivasi tinggi untuk melakukan yang terbaik dan selalu ingat tidak ada kesempatan dengan situasi yang sama kedua kalinya,” tutup Dafa.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post