Dosen dan Mahasiswa KKN Tematik ITNY Lakukan Pengabdian Di Desa Kalirejo Kulon Progo

Dosen dan mahasiswa KKN tematik Teknik Sipil ITNY

dilamedia.com, Dosen Program Studi (Prodi) Prodi Teknik Sipil dan Prodi Pertambangan bersama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), melakukan pengabdian bersama pada semester ganjil 2021/2022 di Desa Kalirejo, Kulon Progo.

Pengabdian ini dilakukan oleh Dosen Prodi Teknik Sipil dan Pertambangan yaitu, Sely Novita Sari ST.,MT., Risqi Prastowo S.Si.,M.Sc., Veronica Diana Anis A. S.T.,M.T., dalam pelaksanaannya kegiatan ini juga dibantu oleh mahasiswa KKN Tematik ITNY yaitu Dandi Pramono Payungan, Ilham Mopio dan Fahrul Nurfajri Mokoagow.

Kegiatan pengabdian dilakukan untuk memberikan solusi permasalahan yang ada di Desa Kalirejo dengan memetakan informasi potensi pertambangan dan infrastrukturnya. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama kurang lebih 4 bulan yang dilaksanakan bersamaan dengan adanya KKN Tematik di Desa Kalirejo, Kulon Progo, DI .Yogyakarta.

Sely Novita Sari ST.,MT mengatakan, bahwa kolaborasi ini di awali dari kerja sama antara ITNY dan Desa Kalirejo yang memiliki tujuan membangun Desa Kalirejo menjadi lebih baik lagi, dengan memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat tentang potensi yang dimiliki Desa Kalirejo.

“Kegiatan dibedakan menjadi dua macam yaitu kegiatan pertambangan dan keteniksipilan. Pengabdian dilakukan dengan melakukan survei, pemodelan, dan pemetaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Kalirejo,” tuturnya.

Hasil pemetaan infrastruktur diserahkan kepada Desa Kalirejo pada akhir Februari lalu.

Pihak Desa Kalirejo merasakan manfaat yang diberikan pada pengabdian yang dilakukan Prodi Teknik Sipil ITNY, antara lain dengan bertambahnya data-data potensi Desa Kalirejo yang akan digabungkan menjadi site plan Desa Kalirejo.

Selain pemetaan potensi pertambangan dan infrastruktur, pengabdian Prodi Teknik Sipil ITNY dengan merencanakan Embung di Desa Kalirejo juga masih berjalan sampai saat ini.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post