Prodi Peternakan UMBY Adakan Kunjungan Industri Ke KJUB Puspetasari Klaten

dilamedia.com, Kunjungan Industri merupakan suatu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Agroindustri, Universitas Mecu Buana Yogyakarta (UMBY).

Kunjungan industri dilakukan dengan mengunjungi sebuah perusahaan berskala nasional maupun internasional yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh mahasiswa pasca lulus menjadi Sarjana Peternakan atau sebelum mereka melaksanakan magang kerja perusahaan (MKP).

Kegiatan ini dilaksanakan pada perusahaan industri pakan ternak Koperasi Jasa Usaha Bersama (KJUB) Puspetasari Klaten, Jawa Tengah.

Kunjungan industri ini dlaksanakan dalam rangka pengkayaan ilmu pegetahuan dan wawasan dalam bidang nutrisi ternak dan industri pakan ternak, yang terdapat pada mata kuliah Praktikum Bahan Pakan Formulasi Ransum, Nutrisionist dan insrumentasi peternakan. Mata kuliah tersebut diampu oleh tim teaching yaitu Dr. Ir. Sundari, MP., dan Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt.,IPP.

Kegiatan kunjungan industri dimulai dari penerimaan mahasiswa dan penjelasan mengenai profil perusahaan oleh tim dari perusahaan di meeting room.

Acara dibuka oleh Ibu Tata selaku kepala bagian humas, kemudian penjelasan profil perusahaan oleh Taufik, S.Pt. selaku bagian formulator.

Dalam sambutannya, Taufik, S.Pt., mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Prodi Peternakan UMBY yang hampir setiap tahun melakukan kunjungan industri ke KJUB Puspetasari.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, sehingga kami dapat menjaga komitmen dan sangat terbuka untuk selalu berbagi ilmu, sesuai dengan tujuan dan amanah dari pendiri perusahaan. Semoga dengan adanya kunjungan industri ini dapat memberikan manfaat kepada para mahasiswa UMBY,” tutur Taufik.

Acara dilanjutkan penjelasan oleh Bayu, S.Pt., sebagai supervisor Marketing dan merupakan alumni Prodi Peternakan UMBY yang lulus pada tahun 2017. Setelah itu, acara diakhiri dengan pengenalan area perusahaan dan seluruh devisi/unit usaha.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Sundari, MP., menyampaikan tujuan dan peran kunjungan industri untuk masa depan para mahasiswa.

“Kunjungan industri ini bertujuan untuk melatih mental mahasiswa agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun. Tanpa ada kunjungan industri, mahasiswa tentu saja akan merasa kaget atau tidak terbiasa dalam melakukan pekerjaan didalam sebuah perusahaan. Mereka pasti sangat perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Jadi dengan adanya kunjungan industri diharapkan mahasiswa bisa menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industry,” jelas Sundari.

Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt.,IPP., turut menambahkan penjelasan mengenai kegiatan serta manfaat apa yang akan dilakukan dan diperoleh ketika mahasiswa melaksanakan kunjungan industri.

“Dalam kunjungan industri, mahasiswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang peternakan dan juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja serta mengenalkan peluang usaha dibidang peternakan yang sangat luas dan menjanjikan,” imbuh Ajat.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post