Dosen UMBY Adakan Sosialisasi Penanganan Stunting Di Desa Candisari Magelang

Dokumentasi saat sosialisasi penanganan stunting

dilamedia.com, Dosen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan Sosialisasi Penanganan Stunting bagi kader POSYANDU se Desa Candisari dalam rangka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), pada hari Kamis (07/07/2022).

Tim PkM ini diketuai oleh Ir. Nur Rasminati, MP., yang beranggotakan Ir. Setyo Utomo, MP., dan Dr. Bambang Nugroho, MP.

Kegiatan PkM ini merupakan kegiatan hasil kerjasama antara UMBY, UPSI Malaysia, dan BAPPEDA Kabupaten Magelang.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Amirrudin Zuhri, S.Sos. M.Si. selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Wawan Riyadi, SS., M.IP., selaku Perencana Ahli Muda Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Camat Windusari Titok Lestianto, kepala desa, ketua PKK, bidan desa, ketua posyandu, serta para kader posyandu se desa Candisari dengan jumlah peserta 30 orang.

Pada kesempatan tersebut Amirrudin Zuhri., S.Sos., M.Si selaku menyatakan bahwa penanganan stunting di kabupaten Magelang harus dilakukan secara koordinatif dan terpadu.

Sedangkan Camat Windusari menyampaikan bahwa total balita yang mengalami stunting di tahun 2019 sejumlah 219 orang dan tahun 2022 ini tinggal 76 balita. Kepala desa Candisari menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap akan mampu menurunkan angka stunting secara berkelanjutan.

Ir. Nur Rasminati, MP., selaku ketua PkM menyampaikan paparan kegiatan mengenai penanganan stunting melalui pemanfaatan pekarangan untuk menyediakan pangan bergizi berbasis potensi lokal.

Salah satu program yang akan dilaksanakan adalah mandiri telur mendukung program Dinkes Kabupaten Magelang GAS POL DULUR (Gerakan cegah stunting dengan perbaikan pola asuh dan pemberian sehari satu telur).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pembangkitan motivasi bagi para kader oleh Ir. Setyo Utomo, MP., serta FGD oleh Dr. Bambang Nugroho, MP.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post