KKN 48 UMBY Bantu Penggalangan Dana dan Pembangunan Masjid

KKN 48 UMBY Saat Bantu Pembangunan Masjid

dilamedia.com, Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang banyak tersebar di wilayah dengan mayoritas masyarakat muslim seperti di Indonesia. Selain menjadi tempat ibadah, masjid biasanya digunakan untuk menimba menimba ilmu agama dan menjadi tempat diadakannya berbagai event keagamaan.

Bermula dari situ, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 48 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), berinisiatif membantu pembangunan masjid bersama warga dusun Semen, Banyusidi, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah sejak Sabtu (30/07/2022) lalu.

Disebutkan bahwa masjid yang dibangun di dusun Semen mengalami berbagai kendala, sehingga pembangunan berjalan lambat hingga mencapai tahun ketiga.

Oleh karena itu, Tim KKN 48 memberikan bantuan dengan melakukan penggalangan dana, pembuatan desain ornamen masjid, hingga ikut turun terjun langsung dengan masayarakat sekitar untuk menyelesaikan pembangunan masjid.

Kholis Nur Arifin, selaku ketua tim KKN 48 turut menyampaikan tujuan atas diadakannya kegiatan ini.

“Tujuan kami disini tidak hanya sebatas membantu pembangunan masjid, namun juga memberdayakan masyarakat setempat,” jelas Kholis.

Penanggung jawab kegiatan penggalangan dana, Putri Novi Sita Dewi menyampaikan, bahwa penggalangan dana yang dilakukan bersifat online melalui sosial media tim KKN dan warga setempat.

“Penggalangan dana kali ini kami lakukan dengan memanfaatkan platform penggalangan dana online yang kemudian dibagikan melalui berbagai channel sosial media untuk mempercepat tersebarnya informasi,” jelas Putri.

Putra Darma Asih, selaku penanggung jawab desain ornamen ikut memberikan penjelasan tentang tata cara pembuatan desain ornamen masjid kepada masyarakat setempat.

“Pembuatan desain ornamen sendiri dilakukan dengan bantuan komputer yang dikerjakan bersama dengan warga setempat, sehingga diharapkan ilmu yang didapat bersifat berkelanjutan dan dapat terus diaplikasikan di kemudian hari,” tutur putra.

Dr. Yuli Perwita Sari, S.T.P., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 48, mengapresiasi serta mendukung inisiatif timnya untuk membantu warga dalam membangun masjid.

“Saya bangga dengan tim KKN 48 atas partisipasinya dalam kegiatan pembangunan masjid di dusun Semen. Semoga kegiatan ini dapat menjadi manfaat, baik bagi warga dusun Semen, maupun mahasiswa KKN 48 UMBY,” ungkap Yuli.

Sementara itu, Wanto, selaku Kepala Dusun Semen turut mengungkapkan doa, serta harapan atas berlanjutnya pembangunan masjid ini.

“Semoga dengan adanya bantuan dari rekan mahasiswa KKN sekalian, pembangunan masjid dapat selesai lebih cepat, Amin,” imbuh Wanto.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post