Mahasiswa KKN 26 UMBY Mentoring Siswa SD di Dusun Pakis Kidul

KKN 26 saat mentoring siswa di dusun pakis kidul

dilamedia.com, Masalah yang sering dihadapi orang tua di era new normal pasca Covid-19 adalah semua orang tua mulai beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, waktu untuk mengasuh anak menjadi kurang optimal karena orang tua tidak memiliki waktu untuk memeriksa dan membantu anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah.

Banyak anak menjadi malas sepulang sekolah, mengabaikan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan lebih memilih untuk bermain gadget.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan kegiatan mentoring kelompok belajar siswa SD di Dusun Pakis Kidul yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis, Pukul 16.00 WIB.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membuka kesempatan anak-anak, khususnya siswa SD, dalam mengerjakan tugas sekolah dan memahami materi yang berum dipahami.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membantu anak-anak mengurangi aktivitas gadget mereka dengan melatih fokus mereka dalam belajar.

Wilhelmus Dwi Hendrawan, penanggung jawab kegiatan mentoring mengungkapkan rasa senangnya dalam membantu anak-anak di Dusun Pakis.

“Walaupun mengajari anak-anak dalam belajar cukup melelahkan, namun kami sangat senang dapat membantu mereka mengerjakan tugas-tugasnya serta menjelaskan materi kepada mereka,” ucap Wilhelmus.

“Kami juga sangat senang karena banyak pengalaman serta keseruan yang diperoleh saat melakukan kegiatan ini,” tambahnya.

Kegiatan ini disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat Dusun Pakis, khususnya anak-anak peserta mentoring.

Icha, salah satu peserta mentoring mengungkapkan perasaannya.

“Senang sekali ada kegiatan mentoring dari kakak-kakak KKN, Icha dan teman-teman bisa belajar bersama serta membantu dalam mengerjakan tugas sekolah dengan seru,” ungkap Icha.

Senada dengan itu, A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 26 UMBY turut menyampaikan harapan atas terlaksananya kegiatan ini.

“Saya harap dengan terlaksananya kegiatan ini anak-anak semakin semangat bersekolah dan mengerjakan tugasnya serta kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh pemuda pemudi di Dusun Pakis Kidul,” ucap Mukti.

Kontributor : Wilhelmus Dwi Hendrawan, Mukti Safitri, Haya Azzura Rassya

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post