Atasi Kegelisahan Ibu, KKN UMBY 26 Beri Psikoedukasi Kesehatan Ibu Hamil

kkn 26 umby saat memberikan psikoedukasi ibu hamil

dilamedia.com, Ibu hamil merupakan kelompok risiko tinggi terhadap masalah kesehatan. Ibu hamil memerlukan perhatian khusus yang difokuskan pada perawatan ibu hamil hingga pasca kelahiran.

Dari permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) sukses menyelenggarakan psikoedukasi kesehatan ibu hamil serta mengatasi tantrum pada anak.

Kegiatan psikoedukasi dan sosialisasi ini membantu orang tua (khususnya ibu) dalam memperoleh pengetahuan yang luas tentang cara mengatasi stress selama kehamilan dan cara mengatasi tantrum pada anak.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Pakis Kidul, Magelang pada hari Minggu (07/08/2022).

Kegiatan ini diisi oleh May Meliani Nasution. Dalam paparannya, May menyampaikan bahwa ibu hamil rentan terhadap stres serta bagaimana cara mengurangi stres pada ibu hamil.

“Tak jarang ibu hamil diundung rasa cemas karena memikirkan persalinan dan kesehatan bayi dalam kandungannya,” ujar May.

“Agar rasa cemas tidak muncul ada beberapa hal yang dapat dilakukan, salah satunya berbicara kepada pasangan atau orang terdekat. Ibu-ibu juga bisa berbincang dengan ibu hamil lainnya untuk bertukar pengalaman,” tambah May.

Saat sesi tanya jawab, salah satu peserta bernama Vita menanyakan tentang cara menghadapi anak introvert.

“Bu, bagaimana cara menghadapi anak yang mulai beranjak remaja yang tidak mau terbuka dengan orang tuanya? Lalu, cara menghadapi anak yang introvert?”, tanya Vita.

Berdasarkan pertanyaan tersebut, Bintoro Yohandi Widodo, perwakilan dari anggota KKN kelompok 26 UMBY, berusaha menjawab pertanyaan tersebut.

“Cara mendekati seorang anak mungkin dengan menjaga rahasia anak dan menghormati kejujuran yang disampaikan anak kepada orang tuanya. Dan cara menghadapi anak introvert dimulai dengan orang tua yang mencoba untuk masuk dalam dunia yang disukai sang anak dan mengajak berdiskusi tentang hal-hal yang disukainya,” jelas Bintoro.

Perlu diketahui bahwa KKN kelompok 26 UMBY merupakan bimbingan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., dengan beranggotakan 10 orang mahasiswa, yaitu Bintoro Yohandi Widodo, Teresia Mutiara Prasanti, Ana Karalina Said, Putri Yuliyanti, Mukti Safitri, Elizabeth Sofiana Lodan Herin, May Meliani Nasution, Doni Habib Viero, Wilhelmus Dwi Hendrawan, dan Muhamad Fajar Dwi Santoso. Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus 2022.

Kontributor : Mukti Safitri, Teresia Mutiara Prasanti, Haya Azzura Rassya

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post