Ajarkan Anak Berhemat, KKN 68 UMBY Beri Sosialisasi Menabung Sejak Dini

KKN 68 UMBY Selesai Ajari Anak di Dusun Dalangan Menabung

dilamedia.com, Menabung merupakan kegiatan atau aktivitas menyisihkan separuh uang untuk disimpan agar dapat dipergunakan di masa depan. Pada Revolusi Industri 4.0, membeli barang bukanlah perkara yang sulit, terlebih jika membeli melalui e-commerce.

Namun, kemudahan berbelanja tersebut juga dapat menjadi bumerang yang berakibat pemborosan apabila tidak pandai mengelola keuangan.

Oleh karena itu, anak perlu diajarkan menabung sedini mungkin agar anak belajar bagaimana mengatur dan mengolah keuangannya sendiri, sehingga mereka tidak terbiasa mengeluarkan uang untuk membeli barang yang kurang bermanfaat di masa depan.

Mengingat pentingya menabung sejak dini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 68 Angkatan XLI Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan sosialisasi menabung sejak dini kepada anak-anak di Dusun Dalangan, Kel. Kragilan. Kec. Pakis, Magelang pada Kamis, (04/08/2022).

Program ini dilaksanakan berdasarkan usulan Eka Yuniarti, selaku salah satu anggota kelompok 68 dari program studi akuntansi.

“Melihat anak-anak masih lebih suka mengeluarkan uang dibanding menyimpan uang, maka menabung dapat menjadi salah satu alternatif untuk membangun kebiasaan berhemat sejak dini, agar anak mengerti akan pentingnya menyimpan uang untuk masa depan. Menabung juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengelola atau memanajemen uang,” jelas Eka.

Menanggapi usulan tersebut, M. Nastain, S.Sos.I.,M.I.Kom, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 68 menyetujui dan menyampaikan bahwa kesadaran menabung pada anak-anak masih tergolong rendah.

“Usulan yang sangat baik, mengingat zaman sekarang minat menabung khususnya untuk usia anak-anak masih terbilang rendah.” tutur Nastain. Kegiatan sosialisasi ini juga disambut baik oleh Andi, selaku Kadus, Dusun Dalangan.

“Saya harap melalui kegiatan ini anak-anak bisa lebih paham pentingnya berhemat dan menabung, sehingga anak-anak menjadi lebih bijak dalam membelanjakan uang,” ungkap Andi.

Antusiasme anak-anak Dusun Dalangan sangat tinggi, dilihat dari wajah ceria serta banyaknya peserta yang datang.

Orang tua peserta juga ikut hadir mendampingi anak mereka dengan harapan agar anaknya bisa memahami dan menanamkan kebiasaan berhemat dan menabung sejak dini.

Ajeng, selaku ketua KKN Kelompok 68, turut menyampaikan harapan atas dilaksanakannya program ini.

“Terima kasih atas dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu serta adik-adik sekalian. Semoga program ini dapat menumbuhkan kembali minat menabung anak khususnya di Dusun Dalangan,” ungkap Ajeng.

Salah satu orang tua peserta turut mengamini sekaligus menyampaikan rasa terima kasih atas diadakannya kegiatan sosialisasi ini.

“Saya juga berterima kasih atas diadakannya sosialisasi ini. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, khususnya anak-anak disini. Aamin,” tutur salah satu orang tua peserta.

Kontributor : Chrismes Wempi

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post