Mahasiswa KKN 29 UMBY Ajari Anak di Dusun Kwiden Seni Lukis

KKN 29 UMBY Mengajari Kaligrafi Anak-Anak TPA Kwiden Pakis Magelang

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 29 mengajarkan seni lukis kepada anak-anak di TPA Dusun Kwiden Pakis, Magelang pada Sabtu (30/07/2022).

Kegiatan ini dilakukan mengingat saat ini anak-anak lebih sering memegang gadget dari pada bermain, bahkan anak-anak lebih pintar dalam bermain gadget dibanding orang tua mereka.

Pengenalan teknologi memang dirasa penting, tetapi tetap membutuhkan pengawasan dari orang tua. Anak yang jauh dari pengawasan orang tua cenderung kecanduan permainan modern yang ada pada gadget.

Hal ini biasanya muncul akibat penggunaan gadget yang tidak bijak. Seseorang yang mengalami kecanduan gadget cenderung malas keluar rumah hingga kesulitan bersosialisasi.

Putra Ramadhani selaku Ketua KKN kelompok 29, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan kali ini adalah untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak dan mengenalkan anak-anak pada seni lukis untuk membantu mereka menjadi lebih kreatif dan ekspresif.

Selain itu, Meli Sartika salah satu anggota KKN kelompok 29 UMBY, menambahkan bahwa kegiatan seni lukis merupakan salah satu sarana edukasi yang memiliki banyak manfaat bagi anak.

“Selain mengurangi kecanduan gadget, kegiatan seni lukis memiliki segudang manfaat yang berharga dalam periode kehidupan anak usia dini termasuk meningkatkan kepercayaan diri. Seni juga membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak,” jelas Meli.

Kegiatan ini juga disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat Dusun Kwiden, mengingat partisipasi yang cukup baik dari anak-anak maupun orang tua.

Kepala Dusun Kwiden Susilo, menyambut dengan baik kegiatan yang dicetuskan KKN kelompok 29 UMBY ini.

“Ide kegiatan ini bagus dan positif, serta dapat menyalurkan bakat anak-anak. Semoga kedepannya anak-anak bisa banyak mendapat pelatihan seperti ini karena dapat meningkatkan kreativitas dan mengurangi ketergantungan pada gadget,” kata Susilo.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 29 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., sangat mendukung program kerja mahasiswa binaannya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan positif yang dapat merangsang dan mengoptimalkan perkembangan otak agar meningkatkan kapasitas belajar pada anak,” tutur Anief.

Kontributor : Meli Sartika

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post