KKN 31 UMBY Beri Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak di Kalangbangi Kulon

kkn 31 umby beri pelatihan fermentasi pakan ternak

dilamedia.com, Sebagian besar warga Dukuh Kalangbangi Kulon bermata pencaharian sebagai ternak dan tani, tentunya banyak limbah pertanian yang seharusnya dapat diolah menjadi bahan fermentasi pakan ternak.

Melihat potensi tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 31 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pelatihan fermentasi pakan ternak, pada hari Sabtu (29/07/2023). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga Klabangi Kulon yang memiliki ternak.

Andrianus selaku penanggung jawab program kerja KKN menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan ternak di Dukuh Kalangbangi Kulon.

“Kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung kemajuan para peternak dan pertanian. Dengan memanfaatkan fermentasi pakan ternak dari hasil pertanian, kami berharap dapat meningkatkan produktivitas ternak dan kesejahteraan peternak”, ujar Andrianus.

Pada waktu pelatihan, mahasiswa KKN 31 UMBY memperkenalkan bahan-bahan serta alat-alat yang sederhana, kemudian mempraktikkan secara langsung proses pembuatan fermentasi pakan sembari menjelaskan manfaat fermentasi pakan ternak tersebut pada ternak.

Sebenarnya pembuatan fermentasi pakan ternak dapat dikatakan cukup mudah, namun memerlukan ketelitian.

“Pertama, rumput dialaskan menggunakan terpal atau plastik tebal, lalu dicacah menjadi kecil sekitar 5-10 cm. Kemudian, rumput yang dicacah disebarkan diatas terpal untuk ditaburkan dedak atau bekatul hingga tercampur rata. Setelah itu, campuran tersebut dimasukkan ke dalam wadah kedap udara sampai seperempat tinggi wadah kemudian dipadatkan,” jelas Andrianus.

“Lalu, masukkan kembali campuran tersebut sampai dengan ketinggian maksimal dalam drum atau trash bag. Terakhir, tutup dan tekan dengan kuat, sehingga tidak ada udara masuk ke dalam. Terakhir menunggu proses fermentasi selama 2 minggu sebelum dapat digunakan,” imbuhnya lagi.

Warga terlihat sangat antusias selama melaksakan pelatihan tersebut.

“Dengan adanya kegiatan ini kami para peternak lebih mudah dalam memanfaatkan rumput dan jerami saat musim hujan datang”, ucap Dwi salah satu peternak di Padukuhan Kalangbangi Kulon.

Rila Setyaningsih, S.Kom., M.S.I., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 31 UMBY, berharap kegiatan yang dilakukan mahasiswanya tersebut dapat terus dilanjutkan nantinya.

“Semoga apa yang telah diajarkan menngenai fermentasi pakan ternak oleh mahasiswa KKN, dapat berlanjut kedepannya. Selain bahannya mudah didapat, cara ini juga dapat menjadi alternatif bagi parqa peternak,” tutur Rila.

Kontributor : Adelia Rahmi Pratiwi
Editor : DnD

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post