Tingkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa di SDN Wediutah, KKN 17 UMBY Beri Pendampingan Belajar

pendampingan belajar kkn 17 umby di sdn wediutah

dilamedia.com, Sekolah Dasar Negeri Wediutah (SDN Wediutah) merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di wilayah Padukuhan Wediutah, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Sekolah ini memiliki jumlah siswa 97 orang siswa, dengan jumlah tenaga kependidikan sebanyak 8 orang.

Pendidikan merupakan proses sistematis yang melibatkan faktor internal maupun eksternal. Sebagai bagian kolaborasi untuk memberi motivasi dan meningkatkan minat belajar siswa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 17 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan kegiatan pendampingan belajar di SDN Wediutah.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan selama kurun waktu 2 (dua) minggu, mulai tanggal 28 Juli 2023 sampai dengan 8 Agustus 2023. Muhammad Khodry Rusadi, selaku ketua KKN kelompok 17 UMBY menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa.

“Kegiatan pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar, adapun tambahan untuk pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris hanya ditujukan kepada kelas 5 dan 6, mengingat kelas 5 dan 6 adalah kelas yang hampir menuju ke jenjang SMP,” jelas Khodry.

Pendampingan belajar ini berlangsung setiap harinya, terkecuali hari libur yaitu hari Sabtu dan Minggu dengan waktu pendampingan satu atau dua jam di masing-masing kelas yang ada di SDN Wediutah.

Kegiatan ini dilakukan mahasiswa KKN 17 UMBY dengan cara memberi penjelasan materi secara langsung, memberikan contoh soal dan pembahasan, maupun membantu siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah. Hal ini dilakukan agar siswa lebih mengerti dan memahami apa yang telah dipelajari.

Selain itu, mahasiswa KKN kelompok 17 UMBY juga menyisipkan materi pembelajaran pendidikan Bahasa Inggris.

Kegiatan tersebut didukung dengan pernyataan Kepala sekolah SDN Wediutah, Dwi Harmawati M.Pd.

“Di sekolah ini memang belum ada mata pelajaran Bahasa Inggris, untuk itu saya berterima kasih sekiranya tim KKN bersedia untuk memberikan pembelajaran pelajaran bahasa inggris”, tutur Dwi.

“Saya selaku kepala sekolah, sangat mendukung penuh kegiatan ini. Mengingat kurang nya minat siswa dalam belajar, saya harap dengan adanya mahasiswa KKN dapat membantu meningkatkan motivasi belajar juga minat belajar siswa siswi di sekolah ini,” tutur Dwi.

Dalam kegiatan ini, KKN kelompok 17 UMBY, berfokus pada perbaikan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Hal ini dilakukan karena metode pembelajaran berperan penting dalam membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.

“Dengan adanya program pengabdian ini, saya harap tim KKN Kelompok 17 UMBY dapat menyalurkan ilmunya kepada siswa SDN Wediutah,” ucap Diarto selaku dukuh Wediutah.

Hal senanda disampaikan oleh Anief Fauzan Rozi, S.Kom.,M.,MCE., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

“Kami berharap dengan adanya pendampingan belajar ini para mahasiswa dapat memberikan pemahaman baru kepada siswa SDN Wediutah,” kata Anief.

Kontributor: Muhammad Khodry Rusadi
Editor: Putri Adella Maharani

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post