Mahasiswa KKN 23 UMBY Dampingi Belajar Anak PAUD Kesatuan Bangsa di Mojo

KKN 23 Beri Pendampingan Belajar Anak Usia Dini

dilamedia.com, Rentang anak usia dini merupakan 0-6 tahun, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu upaya pembinaan yang dikhususkan untuk anak baru lahir sampai dengan usia 6 tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar memiliki kesiapan guna memasuki pendidikan lebih lanjut (sisdiknas, 2003).

Menurut Yuliani Sujiono (2014) menyatakan bahwa anak usia dini merupakan usia yang menentukan pembentukan karakter, kepribadian serta kemampuan intelektualnya. Dapat dikatakan anak usia dini mulai dari dalam kandungan hingga usia 6 tahun. Baik yang terlayani maupun tidak terlayani dilembaga pendidikan anak usia dini.

Tugini selaku salah satu guru di PAUD Kesatuan Bangsa, menyampaikan bahwa pendidikan usia dini merupakan potensi perkembangan anak paling pesat.

“Pendidikan usia dini sangat penting karena pada masa ini potensi anak berkembang paling pesat dan memiliki sensitifitas atau kepekaan yang bagus, sehingga fungsi tertentu perlu diasah agar tidak terlambat dalam perkembangannya”, tutur Tugini pada hari Senin (14/08/2023).

Maka dari itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 23 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), memberikan program pendampingan belajar bagi anak usia dini yang sedang dalam proses pembelajaran sehingga dapat memahami materi yang diberikan oleh guru dan beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Program dimulai dengan senam bersama yang bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak. Selanjutnya anak dibentuk pada pembelajaran melalui materi yang disampaikan oleh guru guna meningkatkan kognitif anak.

Tidak hanya itu, dalam pendidikan anak usia dini juga diajarkan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosialnya melalui beberapa permainan yang bertujuan untuk melatih rasa berbagi anak dan kebersamaan.

“Kami harap dengan adanya perogram kerja ini, dapat membantu proses pembelajaran dan mampu mengaplikasikan teori yang kami dapatkan selama di kampus,” Jelas Mifta selaku penanggung jawab program kerja.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Kelompok 23 UMBY berharap, bahwa program kerja yang dilakukan mahasiswa bimbingannya tersebut dapat membantu dan melengkapi proses pembelajaran yang telah dilakukan.

"Hararapnnya kegiatan ini dapat membantu meringankan tugas guru PAUD, selain dapat melatih motorik anak dan meningkatkan kepekaan sosialnya," terang Sidiq.

Kontributor : Anisa Indah Septiana dan Hanifah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post