KKN 26 UMBY Adakan Skrining Penyakit Tidak Menular Pada Lansia di Kecamatan Pakis

Mahasiswa KKN 26 UMBY Saat Melakukan Skrining Kesehatan

dilamedia.com, Terjadinya penggeseran pola penyakit dari penyakit menular ke penyakit tidak menular seperti sekarang perlu diwaspadai. Pergeseran pola ini berdampak pada menurunya produktivitas dan gangguan pada segala aktivitas sehari-hari, khususnya bagi lansia.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan lansia adalah keterbatasan akses dan kurangnya informasi yang didapatkan terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Melihat kondisi tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berinisiatif membantu tim medis dari kecamatan Pakis untuk melakukan skrining penyakit tidak menular pada lansia di Dusun Pakis Kidul, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis (4/8/2022).

Skrining yang dilakukan antara lain, pemeriksaan Tekanan Darah, Berat Badan, Tinggi Badan , Asam Urat, Gula Darah dan Kolekstrol yang dilakukan di rumah Mulyono, yang merupakan salah satu warga di dusun Pakis.

“Semoga dengan adanya kegiatan skrining ini dapat membantu masyarakat khususnya Lansia, agar bisa mengetahui permasalahan kesehatannya sejak dini, dan dapat segera diatasi dengan cepat,“ ucap Mulyono.

Penanggung jawab kegiatan, Elizabeth Sofiana L. Herin dan Doni Habib Viero, menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini membantu tim medis untuk mencegah terjadinya peningkatan penyakit tidak menular pada Lansia di dusun Pakis Kidul.

“Syukurlah kegiatan skrining ini dapat berjalan dengan lancar, meskipun awalnya terdapat kendala karena kurangnya alat pemeriksaan kesehatan yang disebabkan jumlah lansia yang hadir melebihi kuota yang tersedia, namun dengan adanya kerjasama yang baik antara tim medis dan tim KKN, maka masalah ini dapat teratasi dengan segera,” ungkap Elizabeth.

“Harapan kami kedepanya skrining ini dapat terus dilakukan secara rutin. Kegiatan ini bisa dilakukan 2 kali setahun, dengan kerja sama antara tenaga medis dan pemuda pemudi desa Pakis “

A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 26 UMBY turut menyampaikan dukungan atas terlaksananya kegiatan skrining kali ini.

“Selain untuk mencegah penyakit tidak menular, pemeriksaan rutin pada lansia juga sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit lainnya,” tutur Sidiq.

Kontibutor : Elizabeth Sofiana L. Herin, Doni Habib Viero, Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post