Mahasiswa KKN UMBY Ajarkan Pembuatan dan Penggunaan Marketplace Shopee bagi UMKM di Padukuhan Tilaman

Presentasi KKN 36 UMBY Saat Pelatihan Digital Marketing

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 36 melakukan kegiatan Pelatihan Digital Marketing kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Wukisari Bantul tepatnya di Padukuhan Tilaman pada hari Minggu (13/02/2022).

Pelatihan digital marketing dihari terakhir ini dihadiri oleh 6 UMKM yang sangat antusias mengenai Pembuatan hingga penggunaan Aplikasi Shopee. Oleh karena itu, melalui program digitalisasi ini mahasiswa KKN kelompok 36 berupaya untuk dapat membantu UMKM di Padukuhan Tilaman yang mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya melalui e- commerce.

Pelaksanaan program digital marketing ini dilakukan melalui dua tahapan, yaitu secara daring dan tatap muka. Pemberian materi digital marketing sama dengan hari sebelumnya. Dimana pelaksanaan secara daring dilakukan menggunakan Google Meet bersama ibu-ibu UMKM dengan pemberian materi untuk mengetahui pemahaman awal para UMKM.

Pemberian materi disusun dalam bentuk powerpoint, materi pembelajaran meliputi pembuatan akun marketplace Shopee, posting produk di e-commerce, serta cara menarik uang di aplikasi shopee hingga teknikal dan fungsi masing-masing dari aplikasi shopee.

Kemudian materi juga diberikan via grup whatsapp dan hard copy, agar ibu-ibu yang tidak dapat hadir masih bisa mengetahui tahapan pembuatan serta penggunaan aplikasi shopee dikemudian Hari.

Selanjutnya, diadakan sesi diskusi dimana para UMKM bisa mengajukan pertanyaan terkait materi yang kurang dimengerti. Kemudian dilanjutkan dengan mempraktekan Pembuatan dan Penggunaan Aplikasi Shopee yang dibantu oleh Mahasiswa KKN kelompok 36 UMBY yang berada di Yogyakarta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Setelah pemberian materi selesai, mahasiswa KKN online juga langsung berpamitan dan mengucapkan banyak terimakasih kepada ibu-ibu UMKM atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan. Mahasiswa KKN kelompok 36 UMBY juga berharap masih bisa menjalin komunikasi di dalam grup serta bisa bermain ke desa Padukuhan Tilaman setelah pandemi berlalu.

Ibu Sarah, salah satu UMKM di padukuhan tilaman juga mengucapkan banyak terimakasih serta dukungan kepada Mahasiswa KKN kelompok 36 UMBY agar selalu sukses dalam urusan perkuliahan kedepannya.

“Setelah saya ikut kegiatan ini, saya mewakili ibu-ibu UMKM yang ada disini juga mengucapkan terimakasih mbak, sedikit banyaknya saya dan kita semua disini menjadi paham bagaimana melakukan digital marketing. Semoga setalah pelatihan ini kami juga dapat langsung praktek dirumah, kami juga berharap semoga kedepannya urusan mbak dan mas KKN ini juga dilancarkan,” ujarnya.

Tujuan pemberian materi digital marketing yang berfokus kepada e-commerce Shopee agar dapat memperluas pemasaran UMKM di Desa Padukuhan Tilaman. Dengan memanfaatkan marketplace shopee, penjual tentunya akan lebih dipermudah dalam mengatur produk yang dijual dan memperluas jangkauan penjualannya.

Harapan dari program digital marketing ini juga untuk dapat memaksimalkan pendapatan UMKM di masa pandemi serta menambah pengetahuan pelaku UMKM dalam hal Digitalisasi UMKM.

Penulis : Veren Oktarisa

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post