Tingkatkan Semangat Belajar Anak, KKN UMBY 7 Adakan Kegiatan Belajar Di Dusun Kuadran

dilamedia.com, Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, mengharuskan hampir semua aktivitas dilaksanakan secara online, termasuk kegiatan sekolah. Hal ini mengakibatkan turunnya semangat anak-anak dalam belajar, sehingga guru dan orang tua merasa cukup kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran.

Melihat situasi tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 7 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan kegiatan bimbingan belajar (bimbel) di SD Kuadran 1, desa Girimulyo mulai pada Senin (24/01/2022).

Kegiatan ini dilakukan sebagai pembelajaran tambahan untuk membimbing siswa yang kesulitan dalam mempelajari materi-materi dari sekolah. Bimbel diadakan setiap pukul 2 siang sampai 4 sore di rumah bapak Walju, selaku dukuh Kuadran 1 di desa Girimulyo, Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

“Setiap waktu bimbel, anak-anak dengan antusias mendatangi rumah saya dengan membawa buku sekolah untuk minta diajari tugas rumah sama mahasiswa KKN.” ungkap Walju.

Bahkan karena banyaknya anak-anak yang sangat bersemangat datang bimbel, mahasiswa KKN pun berinisiatif untuk membagi anak-anak berdasarkan kelas, dengan bimbingan 2 orang mahasiswa setiap kelas.

Kegiatan bimbel ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat dan dinilai sangat membantu anak-anak dalam memahami materi yang didapatkan dari sekolah. Selain itu, kegiatan bimbel juga membuat semangat belajar anak-anak yang tadinya sempat menurun, mulai meningkat lagi.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok 9 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom.,M.Eng.,MCE. turut memberikan dukungan penuh pada kegiatan bimbel kali ini.

“Kegiatan bimbel ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak, serta dapat mengurangi kejenuhan belajar dirumah, terutama di masa pandemi seperti sekarang.” tutur Anief.

Penulis : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post