Bantu Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UMBY Beri Pelatihan

dilamedia.com, Kondisi pandemi yang belum kunjung usai seperti saat ini, bukanlah suatu halangan untuk membantu sesama. Inilah yang memberikan motivasi pada Ridho Pramono, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) asal Yogyakarta.

Mengutip keterangan tertulis Humas UMBY yang diterima Dila Media pada Rabu (23/02/2022), mahasiswa tesebut membagikan ilmu yang dimilikinya melalui pelatihan foto produk gratis yang dikemas dalam bentuk video tutorial, dan diunggah melalui YouTube pada Selasa, (22/02/2022).

“Ridho tergabung dalam kelompok 15 KKN PPM UMBY memiliki misi untuk melakukan digitalisasi dusun, salah satunya adalah dengan digitalisasi UMKM. Proses pembuatan video juga dilakukan dari rumah lantaran terkendala situasi pandemi yang tak kunjung usai,” kata Humas UMBY.

Dari keterangannya, Ridho menceritakan proses pembuatan video tutorial yang dilakukan untuk membantu usaha pembibitan cabai Berkah Bibit yang dikelola oleh masyarakat Dusun Jurang, Windusari, Jawa Tengah.

“Saya dan teman-teman akhirnya sepakat untuk membuat video tutorial ini sebagai langkah awal digitalisasi UMKM yang kami lakukan, juga sebagai langkah untuk menyikapi situasi pandemi,” ungkap Ridho.

Muhammad Sukron, selaku pemilik Berkah Bibit, mengaku senang dan berterima kasih atas video tutorial yang diberikan.

“Saya sangat berterimakasih atas usaha yang diberikan Ridho dan teman-teman KKN dalam membantu memajukan bisnis saya, video yang diberikan mudah untuk saya pelajari, dan ini sangat bermanfaat bagi saya,” ucap Muhammad Sukron.

Dalam videonya, Ridho menjelaskan langkah-langkah bagaimana menghasilkan foto produk yang menarik, mulai dari cara mengatur posisi bibit tanaman, cara membuat set foto yang menarik, mengatur fokus kamera, serta tips untuk mengatur pencahayaan guna menghindari backlight.

Video tutorial foto bibit tanaman ini dapat dilihat secara lengkap pada channel YouTube Untuk Jurang.

Dokumentasi :

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post