Mahasiswa Psikologi UMBY Raih Penghargaan Internasional

Hafsa Abida Nasruddin

dilamedia.com, Mahasiswa S1 Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Hafsa Abida Nasruddin bersama dengan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil memperoleh penghargaan “best group project” dalam ajang Istanbul Youth Summit yang diselenggarakan di Istanbul, Turki pada 14-17 Februari 2022.

Hafsa menceritakan bahwa terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum mengikuti kegiatan di Turki. Para peserta harus mendaftar, membuat esai berbahasa Inggris dengan tema pilihan seperti kesehatan mental, kesehatan masyarakat, pendidikan, kebijakan publik, dan topik lainnya. Hafsa lolos dalam seleksi tersebut bersama dengan mahasiswa terbaik lain dari Indonesia setelah melalui proses wawancara.

“Pengalaman mengikuti pendidikan terutama terkait pelatihan komunitas di Fakultas Psikologi UMBY sangat membantu dalam mengikuti program mobilitas internasional ini,” kata Hafsa.

Sebelum berangkat ke Turki, para peserta harus menjalankan proyek dengan membentuk komunitas baru sesuai bidang yang dipilih. Selama 2 bulan Hafsa dan tim mengembangkan “Eduteers” sebagai komunitas relawan di bidang Pendidikan untuk membantu anak-anak usia sekolah di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) di Indonesia.

Komunitas eduteers mengikuti beberapa pelatihan sebagai bekal menjadi relawan dari beberapa pemateri yaitu Berkat Sudianto Gea yang merupakan founder dari NKRI School dan Handerman V, SKM.,SH.,MKM yang merupakan Ketua Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara. Tim Eduteers juga melakukan program siaran langsung di media sosial Instagram dengan tema Pengabdian dan Pendidikan dengan narasumber M. Ihsan Ardiansyah dan Arifah Dea Riwinda yang diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah.

Setelah rangkaian kegiatan yang panjang di Tanah Air, Tim Hafsa berangkat ke Turki untuk mengikuti rangkaian kegiatan Istanbul Youth Summit pada 14-17 Februari 2022. Peserta mengikuti kegiatan kebudayaan, diskusi panel, presentasi kelompok, dan ekskursi edukatif.

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog., menyatakan bahwa Fakultas bersyukur atas prestasi yang diraih mahasiswa psikologi UMBY di ajang internasional. Menurutnya Fakultas Psikologi UMBY akan selalu mendukung program pengembangan diri mahasiswa.

“Kegiatan pengabdian Komunitas Eduteers sejalan dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi visi Fakultas Psikologi untuk mengembangkan dan mendukung komunitas dalam kesehatan mental,” tutur Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post