Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Adaptasi Siswa di Masa Pandemi

Dr. Rahma Widyana, M.Si., Psikolog

dilamedia.com, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerja sama dengan Kesatuan Bangsa Billingual Boarding School Yogyakarta mengadakan Parent’s Webinar pada hari Sabtu (26/02/2022 bertema “Adaptasi Siswa Terhadap Sistem Pembelajaran di masa Transisi Endemi”.

Webinar yang dimoderatori oleh Guru SMA Kesatuan Bangsa, Latifa Hanum S.Pd ini dihadiri oleh lebih dari 40 orang tua siswa dan juga dewan guru dengan pembicara Dr. Rahma Widyana, M.Si., Psikolog (Dosen Psikologi UMBY).

Dr. Rahma selaku pembicara dalam webinar ini menyampaikan, bahwa tantangan orang tua saat ini berbeda dengan tantangan orang tua masa sebelumnya. Perkembangan informasi dan teknologi serta kondisi pandemi sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa.

“Sistem pembelajaran yang berubah pada masa pandemi menempa siswa untuk memiliki kemampuan adaptasi yang lebih tinggi. Kasih sayang orang tua menjadi sangat penting. Secara psikologis, tuntutan yang tinggi yang tidak diimbangi dengan kasih sayang, justru dapat menjadi beban bagi anak. Ketahanan keluarga juga ikut andil dalam memudahkan proses adaptasi para siswa karena anak menjadikan orang tua mereka sebagai model,” tutur Rahma.

Menurutnya lagi Dr. Rahma, situasi ini dapat diatasi dengan dukungan orang tua. Gaya belajar anak perlu lebih dikenali agar dapat membantu dalam memahami materi.

“Beberapa anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam aspek auditori, kinestesis, dan visual. Memahami gaya belajar anak akan membantu orang tua dan siswa dalam mengatasi tekanan atau stressor dalam mengikuti pelajaran dan tugas-tugas sekolah. Secara psikologis, kapasitas siswa dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan juga perlu ditingkatkan,” jelas Rahma.

Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi UMBY juga sangat mendukung kerja sama dengan berbagai sekolah dan para orang tua, termasuk di SMA Kesatuan Bangsa dalam mendukung pembelajaran Siswa.

“Pendidikan karakter menjadi sangat penting dan harus benar-benar didukung oleh orang tua dan pihak sekolah. Ia meyakini bahwa perubahan positif di sisi orang tua dan sekolah dapat mendorong anak untuk menjadi generasi yang lebih tangguh dan adaptif,” katanya.

Para orang tua siswa dan pihak sekolah SMA Kesatuan Bangsa menyambut positif kegiatan pengabdian masyarakat Dosen Fakultas Psikologi. Mereka berharap supaya diadakan lagi kegiatan lanjutan yang dapat membantu orang tua siswa dan sekolah dalam mengembangkan karakter para siswa, serta memajukan prestasi akademik maupun non akademik dengan dukungan pengetahuan di bidang psikologi.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post