Akhiri Masa Pengabdian, Mahasiswa UPN Veteran Jatim Gelar Penutupan KKN Tematik di Kelurahan Bulak

Dokumentasi Saat Penutupan KKNT MBKM Kelompok 26 UPNVJT

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) MBKM UPN Veteran Jawa Timur (UPNVJT) Kelompok 26 yang diterjunkan di Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya menggelar acara penutupan setelah 3 bulan melakukan pengabdian.

Kegiatan penutupan ini dihadiri oleh Kepala Desa Bulak, Perangkat Desa Bulak, dan para pelaku UMKM sekecamatan Bulak.

Kegiatan ini yang dilakukan selama 3 bulan dari tanggal 21 Maret – 30 Juni 2022, terbilang sukses dilaksanakan walaupun kendala dan tantangan tersendiri selama pelaksanaan.

Program kerja yang telah berhasil dilaksanakan dalam pendampingan UMKM yaitu branding, digital marketing, perizinan usaha, pengoptimalan e-commerce, bazar, seminar, dll. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan tentunya dengan dukungan berbagai pihak. Terdapat 3 UMKM yang terpilih dalam pendampingan program KKN yaitu UMKM dengan produk pizza, kue kering, dan camilan uwuw.

UMKM produk pizza berhasil mendapat sentuhan inovasi pada outlet mulai dari pemasangan pigura yang berisi dokumen perizinan usaha, sertifikat kompetensi, logo produk.

Kemudian pemasangan hijang yang berisi foto pelanggan dengan julukan “orlanders”, pemasangan foto produk pizza, hiasan stiker, banner, dan lain-lain. Di samping itu juga mendapat sentuhan inovasi pada katalog produk, konten instagram, kartu nama, banner, stiker logo, serta label kemasan dimsum dan mico.

Selain itu, UMKM kue kering dan camilan uwuw juga berhasil mendaftarkan perizinan usaha.

Penutupan KKN dilakukan dengan berpamitan dengan pihak Kelurahan serta pelaku UMKM binaan dengan didampingi oleh PIC (person in charge) kelompok.

Anis sebagai kepala lurah Bulak mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN.

“Terima kasih atas kerjasama antara UPN dengan kelurahan Bulak, semoga dapat terus berlanjut kedepannya. Untuk mahasiswa sukses kedepannya,” tutur Anis.

Selain dengan pihak kelurahan, acara pamitan juga dilakukan kepada pelaku UMKM kue kering, camilan uwuw, serta UMKM produk pizza. Pelaku UMKM turut terbantu atas adanya kegiatan program kerja KKNT MBKM yang diselenggarakan UPNVJT.

“Semoga dengan selesainya KKN ini dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM dan Kelurahan Bulak serta dapat meningkatkan branding produk maupun penjualan UMKM” ujar ketua kelompok KKN.

Perlu diketahui bahwa kelompok KKN-T MBKM UPNVJT Kelompok 26 yang dibimbing oleh Ir. H. Didiek Tranggono, M.Si., ini beranggotakan Boston T., Yanuar T.S., Cahya G. P., M. Wildan F., S. Nurista F., Anisa A.N., Mahmuda, Fauziah P.I.R.

Penulis: Luluk D.F (Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur)

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post