Manfaatkan Lahan Kosong, KKN 26 UMBY Ajak Warga Budidaya Tanaman Dengan Polybag

KKN 26 Saat Mempraktikkan Penggunaan Polybag

dilamedia.com, Berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan, sekaligus bermanfaat bagi kesehatan. Selain menghasilkan buah dan sayur yang segar, berkebun juga bisa menjadi hobi untuk melepas stress di sela-sela kesibukan aktivitas.

Berdasarkan informasi yang didapat, sebagian besar warga dusun Pakis Kidul berprofesi sebagai petani dan gemar berkebun.

Namun, wilayah dusun Pakis yang padat penduduk mengakibatkan lahan di pekarangan rumah tidak cukup luas untuk dijadikan lahan perkebunan. Akibatnya, banyak warga yang tidak memanfaatkan lahan yang ada secara maksimal, bahkan membiarkan lahannya kosong begitu saja.

Oleh karena itu, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 26 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berinisiatif mengadakan pelatihan budidaya tanaman menggunakan Polybag di dusun Pakis Kidul, Magelang, Jawa Tengah.

Pelatihan dilaksanakan di rumah Irun, selaku salah satu warga dusun Pakis Kidul pada hari Jum’at (5/8/2022).

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi secara singkat oleh Putri Yuliyanti, selaku Penanggung Jawab (PJ) 1, dilanjutkan dengan praktik langsung yang dipandu oleh Doni Habib Viero, selaku PJ 2.

“Tujuan dari kegiatan kali ini tidak hanya sebatas mengisi lahan kosong saja, namun juga dapat menyalurkan kegemaran berkebun masyarakat yang hasilnya dapat dijual kembali, sehingga sangat mungkin berdampak pada peningkatan perekonomian,” jelas Doni.

Dalam pemaparannya, Putri turut menyisipkan harapan yang ingin dicapai di akhir penyampaian materi.

“Kami berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat membantu warga dusun Pakis sekalian untuk lebih memanfaatkan lahan yang ada, sehingga terciptalah lingkungan yang sehat dan indah,” ungkap Putri.

Setelah penyampaian materi dan praktik selesai, tim mahasiswa KKN 26 kemudian membagikan beberapa tanaman yang telah selesai ditanam di polybag kepada warga. Salah satu warga, seorang ibu rumah tangga, ikut mengekspresikan antusiasmenya terhadap pelatihan kali ini.

“Materi yang disampaikan mudah dimengerti, dan praktiknya juga sangat menyenangkan. Kebun yang terbatas tidak lagi menjadi halangan untuk saya menanam berbagai macam sayuran lagi,” ungkap salah satu peserta tersebut.

A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 26 UMBY turut mendukung atas terlaksananya kegiatan pelatihan kali ini.

“Berkebun sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Memanfaatkan polybag untuk berkebun merupakan suatu alternatif jika lahan yang ada tidak terlalu luas,” tutur Sidiq.

Kontributor : Doni Habib Viero, Putri Yuliyanti, Naf'iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post