Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 26 Gelar Pelatihan Pembuatan Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Mawar

kkn 26 umby beri pelatihan umkm mawar

dilamedia.com, Dalam rangka mendukung ekonomi warga Dusun Pakis, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) membuat olahan makanan dan minuman berbahan dasar mawar pada hari Jumat (05/08/2022).

Program pengolahan mawar direalisasika oleh mahasiswa KKN 26 UMBY dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan mawar menjadi Selai dan sirup, pada kelompok Rose Women di Dusun Pakis Kidul, Magelang. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan penanaman tanaman dengan media tanam polybag.

Kegiatan diawali dengan materi dan pemutaran video cara pembuatan selai dan sirup mawar, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung yang dilakukan oleh kelompok Rose Women dan dipandu oleh Putri Yuliyanti salah satu anggota dari KKN 26 UMBY.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memotivasi ibu-ibu dan pemudi di Dusun Pakis Kidul untuk dapat berkreasi dengan menggunakan bahan baku yang familiar dilingkungan Pakis Kidul. Sehingga mampu membangkitkan kesejahteraan di dalam rumah tangga dan memajukan ekonomi di Dusun Pakis Kidul melalui UMKM.

Fitri selaku ketua Rose Women, menyampaikan harapan dan rasa terima kasih pada mahasiswa KKN 26 UMBY.

“Bunga mawar sangat banyak ditemukan di dusun Pakis Kidul, karena mayoritas warga di pakis kidul memiliki tanaman mawar di setiap kebun ataupun halaman rumah. Semmoga dengan adanya pelatihan ini, para ibu-ibu dan pemudi mampu berkreasi dalam menciptakan suatu makanan dan minuman yang enak berbahan dasar mawar”, tutur Fitri.

Setelah mengolah bunga mawar menjadi selai dan sirup pada saat pelatihan, seluruh anggota Rose Women mencicipi secara langsung dan tampak puas dengan hasil yang didapat.

Kontributor : Putri Yuliyanti

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post