KKN 28 UMBY Kenalkan Ragam Macam Disabilitas

KKN 28 UMBY Kenalkan Ragam Macam Disabilitas

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 28 merupakan salah satu kelompok KKN penugasan khusus dari angkatan XL Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan lokasi pendampingan di Sekertariat Keluarga Difabel Sedayu Pinilih, Gubug, Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nanda Yunika W, M.Psi., Psikolog selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyampaikan bahwa berkegiatan bersama dengan teman-teman penyandang disabilitas beserta cargiver merupakan pengalaman baru bagi sebagian besar mahasiswa yang mendapatkan penugasan di Pinilih.

“Kondisi pandemik yang masih dialami oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini pun diperlakukan treatment khusus guna ruh pengabdian dalam KKN oleh mahasiswa tetap terjaga. Di sisi lain, keterampilan mahasiswa dalam menjadikan teknologi dan ranah digital sebagai ruang edukasi juga kian berkembang dan variatif,” ujar Nanda.

“Hal tersebut terbukti dari selain program kerja secara offline dengan prokes, mahasiswa KKN Kelompok 28 juga berinisiatif melakukan pembuatan podcast sebagai salah satu proker yang dilakukan,” imbuhnya lagi.

Dian Gustara selaku ketua dari mahasiswa KKN kelompok 28 UMBY juga menyampaikan alasan memilih membuat podcast.

“Kami memilih membuat podcast, karena podcast dinilai bisa menjadi salah satu alternatif media baru yang saat ini sedang populer. Sehingga harapannya podcast ini dapat menarik perhatian dan menjangkau khalayak,”ujar Dian.

Pembuatan podcast dilakukan pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 di Sekretariat Keluarga Difabel Pinilih. Podcast merupakan media berupa audio dan video atau audio saja yang mirip dengan talkshow dimana host atau pembawa acara akan berbincang-bincang dengan narasumber tentang tema yang diangkat.

Produksi podcast yang dilakukan oleh kelompok 28 KKN Penugasan Khusus dari UMBY tersebut mengangkat tema perjalanan hidup ibu Nur Asrida yang merupakan salah satu pengurus dari keluarga difabel sedayu Pinilih.

Keluarga difabel sedayu pinilih merupakan kelompok difabel yang didirikan oleh Maria Tri Suhartini untuk memfasilitasi dan memberdayakan orang-orang dengan disabilitas terutama di Kecamatan Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ini merupakan salah satu program kerja kami yang berfokus untuk mengangkat isu disabilitas agar menjadi informasi dan ilmu yang bermanfaat. Semua anggota KKN 28 UMBY berharap dengan adanya podcast tersebut bisa menambah wawasan masyarakat terhadap isu-isu disabilitas.” ujar Dian Gustara.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post