Mahasiswa KKN Persembahkan Ruang Baca Untuk Anak-Anak Di Dusun Cepogo

Mahasiswa KKN 9 UMBY Persembahkan Ruang Baca Untuk Anak-Anak

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 9 membuat ruang baca dengan “Pustaka Cepogo” di Dusun Cepogo, Kelurahan Girimulyo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tujuan pembuatan ruang baca ini adalah untuk meningkatkan minat literasi anak-anak di usia sekolah, selain itu juga dapat dijadikan sebagai tempat belajar bersama” ungkap Daniel Dwi Wibowo selaku ketua KKN kelompok 9 UMBY.

Ruang baca tersebut dipersembahkan khusus untuk adik-adik di sana sebagai tempat untuk belajar. Ada banyak buku yang ditinggalkan sebagai bahan belajar. Hal inipun menjadi bentuk kenangan yang diharapkan dapat bermanfaat untuk seterusnya.

Ruang baca Pustaka Cepogo ini dibuat dalam sebuah bangunan yang disebut TPA, bangunan tersebut merupakan ruang serba guna untuk tempat perkumpulan warga di Dusun Cepogo. Ruangan tersebut direnovasi di bagian sudut tengah ruangan menjadi ruang baca, selanjutnya ditambahkan buku-buku hasil donasi yang telah dilakukans sebelumnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 9 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat literasi anak-anak.

“Semoga dapat bermanfaat serta dapat meningkatkan minat literasi anak-anak usia sekolah di Dusun Cepogo,” tutur Anief.

Meskipun program kerja terdapat berbagai kekurangan, perangkat dusun menyampaikan banyak ucapan terima kasih. Terutama pada program kerja di bidang pendidikan dalam membuat pustaka cepogo.

Penulis : Ayu Minati & Hilda Nurulita

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post