Asah Kreativitas Anak, KKN 27 UMBY Mengadakan Taman Baca dan Mewarnai

Lomba Mewarnai KKN 27 UMBY di Bentoyo Pakis

dilamedia.com, Perkembangan setiap anak akan berbeda-beda baik dalam minat, bakat, kreativitas,kepribadian, dan kematangan emosinya. Selain itu, anak memiliki kemampuan yang tidak terbatas dalam hal belajar dalam dirinya untuk berfikir kreatif.

Pengembangan kreativitas anak terdapat pada seluruh bidang kemampuan dasar, yaitu meliputi bidang pengembangan berbahasa, kognitif, dan fisik motor. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pengembangan kreativitas anak dalam bidang pengembangan kemampuan dasar seni.

Kreativitas dalam bidang pengembangan kemampuan dasar seni terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan, baik dalam bidang seni tari, seni rupa, maupun seni musik.

Di Dusun Bentoyo sendiri telah disediakan tempat untuk meningkatkan minat baca dan kreativitas anak malalui kegiatan yang dilaksanakan di Taman Baca. Di Taman Baca sudah disedikan beberapa buku pelajaran dan buku penunjang lainnya untuk menunjang kegiatan anak-anak. Selain itu, kreativitas anak juga dilakukan dengan memberikan pelatihan untuk membuat beberapa kerajinan.

Dalam rangkat meningkatkan kreativitas dan keberanian anak di Dusun Bentoyo, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 27 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegitan mewarnai dan beberapa games bersama anak-anak.

Dalam kegiatan mewarnai di Taman Baca bersama anak-anak dilakukan dua kali, yaitu pada hari pertama pada hari Rabu (10/08/2022) dan Kamis (18/08/2022).

Rhesa Alfira Dwi Yudanti, selaku penanggung jawab program kerja menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keberanian anak khususnya di Dusun Bentoyo.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari selama satu bulan. Dimana kegiatan tersebut berupa mewarnai bersama dan permainan,” jelas Rhesa.

“Kegiatan mewarnai melatih anak-anak untuk berimajinasi dan melatih kreativitas anak-anak, selain itu games/permainan yang dilakukan berupa games domikado, a b c 5 dasar, dan tepuk 1,2,3 untuk melatih konsentrasi, pengetahuan mereka, dan keberanian anak,” imbuh Rhesa lagi.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan terlihat sangat bersemangat dan suka dengan kegiatan ini.

“Asik kegiatannya dari kakak-kakak mahasiswa KKN, apalagi kalau bisa setiap minggu kan bisa untuk mengusir kejenuhan” kata salah satu anak yang mengikuti kegiatan.

Perlu diketahui bahwa KKN kelompok 27 UMBY merupakan bimbingan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., yang beranggotakan 10 orang mahasiswa. Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus 2022.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post