Sambut Hari Santri Nasional, MTsN 9 Sleman Gelar Upacara Bendera Bernuansa Islami

Peringati HSN MTsN 9 Sleman Upacara Bendera Bernuansa Islami

dilamedia.com, Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), upacara bendera di MTs Negeri 9 Sleman (MTsN 9 Sleman) pada Sabtu pagi, (22/10/2022) diadakan dengan nuansa berbeda.

Barisan siswa dan guru yang biasanya mengikuti upacara dengan seragam sekolah, hari itu kompak mengenakan busana muslim berwarna putih. Siswa putra mengenakan baju koko putih, sarung, dan peci, sedangkan siswa putri mengenakan busana muslim berwarna senada.

Penggunaan busana muslim berwarna putih sebagai pengganti seragam menjadi salah satu tanda telah dimulainya perayaan HSN di MTsN 9 Sleman. Hadlirin, S.Ag, selaku Kepala Madrasah serta Pembina Upacara, turut serta bertugas membacakan Sambutan Menteri Agama.

“Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” ucap Hadlirin.

“Diharapkan melaui Upacara Peringatan HSN tahun ini, dapat mengingatkan kita pada fakta bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia,” imbuh Hadlirin.

Upacara ini dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 07.40 WIB, dan dijalankan seperti upacara bendera biasanya.

Diawali dengan penghormatan kepada pemimpin dan pembina upacara, pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan amanat pembina upacara.

Upacara bendera diakhiri dengan seluruh peserta menyanyikan lagu Mars Hari Santri, dan pembacaan doa bersama dengan khidmat.

Kontributor : RVAA, Dwi Ari Wahyuni, Aris Triyanto & TNF
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post