Bangun Identitas dan Kesatuan, KKN 22 UMBY Pasang Plang Perangkat Pedukuhan di Semuluh Lor

Pemasangan Plang KKN 22 UMBY

dilamedia.com, Dalam rangka memperkuat identitas dan kesatuan masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 22 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) lakukan pemasangan plang pada setiap pengurus padukuhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (12/08/2023) yang berlokasi di Padukuhan Semuluh Lor.

Nurkhofifah Ramadhani dan Yosua Agus Wibowo selaku penanggung jawab program kerja, dengan semangat gotong royong dan kebersamaan keduanya turut serta terlibat bersama warga dalam menyemarakkan kegiatan tersebut.

Seperti diungkapkan oleh Yosua Agus Wibowo, selaku penanggung jawab program kerja, bahwa pemasangan plang bukan hanya sekedar tindakan teknis untuk menunjukkan nama-nama pengurus padukuhan.

“Lebih dari itu, program ini memiliki tujuan yang lebih mendalam, yaitu meningkatkan identitas lokal, mempermudah akses informasi, mempererat keterhubungan sosial, meningkatkan transparansi,” ungkap Yosua.

Terlihat dari dampak-dampak berikut peningkatan keterlibatan masyarakat, efisiensi komunikasi, peningkatan kepercayaan, penciptaan identitas bersama.

Senada dengan Yosua, Nurkhofifah Ramadhani menyampaikan bahwa program pemasangan plang ini telah memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi Padukuhan Semuluh Lor.

“Program pemasangan plang pada setiap pengurus padukuhan di Padukuhan Semuluh Lor telah memberikan dampak yang positif dalam memperkuat identitas lokal, meningkatkan keterhubungan sosial, dan meningkatkan transparansi serta partisipasi masyarakat,” ucap Yosua.

Keberhasilan program ini menjadi bukti nyata bahwa tindakan sederhana seperti pemasangan plang dapat memiliki efek besar dalam membangun kesatuan dan rasa memiliki di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu Rian Kepala Dukuh Semuluh Lor, menyampaikan rasa terimakasih kepada mahasiswa KKN Kelompok 22 UMBY.

“Saya mewakili masyarakat dusun Semuluh Lor mengucapkan banyak terimakasih kepada adik-adik KKN kelompok 22 UMBY yang telah membuat dan melakukan pemasangan plang pada setiap pengurus padukuhan, semoga memberikan dampak ” tutur Rian.

A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 22 UMBY menyampaikan harapannya.

“Semoga pemasangan plang tersebut dapat memberikan kemudahan memperoleh informasi terkait rumah Kepala Dukuh Semuluh Lor, Ketua RT 1, RW 14, Ketua RT 2, dan Ketua LPMP,” tutur Sidiq.

Kontributor : Nurkhofifah Ramadhani dan Yosua Agus Wibowo
Editor : Putri Adella Maharani

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post