Mahasiswa KKN 23 UMBY Bangkitkan Semangat Membaca Melalui Pojok Baca

Pojok Baca KKN UMBY 23 di Mojo

dilamedia.com, Rendahnya literasi menjadi masalah yang serius di era digital ini. Pesatnya teknologi saat ini, kususnya pada perkembangan gadget dan akses internet telah membuat banyak remaja dan anak-anak lebih sering menghabiskan waktu di depan layar ponsel ataupun berselancar di dunia maya.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 23 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan program kerja dengan membuat pojok baca dan juga membayar sejumlah buku di dua tempat di dusun Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Dua tempat tersebut berada di balai dusun Mojo dan TPQ (Taman Pendidikan Quran).

Program ini dilaksanakan pada hari Jumat (08/11/2023) yang diikuti oleh pak Dukuh Mojo dan masyarakat setempat.

“Saat ini di TPQ kami sudah ada perpustakaan yang berisikan berbagai macam buku keagamaan dan akan lebih baik lagi apabila pojok baca tersebut digabungkan dengan buku-buku yang sudah ada, agar perpustakaan tersebut dapat disusun Kembali” Pak Mufatihin selaku ustad di dusun Mojo.

Sejalan dengan terminal di atas, mahasiswa KKN 23 UMBY tergerak untuk merealisasikan pojok baca di dua tempat berbeda yaitu di TPQ dan Balai Dusun Mojo. Nantinya dengan program ini diharapkan dapat terciptanya budaya membaca yang positif serta meningkatkan literasi remaja dan anak-anak karena kedua tempat tersebut merupakan tempat berkumpulnya anak-anak pada sore hari.

“Pojok baca ini kami buat agar anak-anak maupun remaja di dusun Mojo dapat meningkatkan kegemaran membaca mereka” ujar Mifta selaku ketua dari kelompok 23 KKN UMBY.

Untuk buku – buku yang ditempatkan di pojok baca telah di pilih terlebih dahulu sesuai dengan genre, yang dimana buku seperti novel maupun komik diletakkan di pojok baca balai dusun, sedangkan untuk buku anak - anak diletakan di TPQ.

Dengan semangat dan dedikasi dari mahasiswa KKN 23 UMBY membuktikan bahwa literasi dengan inisiatif kecil dan kreativitas, dengan harapan semoga kerja keras mahasiswa KKN 23 UMBY dapat membuahkan hasil dengan meningkatnya kegemaran membaca anak – anak di dusun Mojo.

Kontributor : Kezia Diane Putri dan Jihan Nabilah Prameswari Malaba

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post