KKN 34 UMBY Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Di Dusun Manggung

Sosialisasi pemanfaatan sampah rumah tangga oleh KKN UMBY 34

dilamedia.com, Mahasiswa peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan ke-40 kelompok 34, telah melakukan kegitan "Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Disertai Pembagian Hand Sanitizer Kepada Masyarakat", Desa Wukisari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta pada Rabu (26/01/2022).

Limbah atau sampah rumah tangga merupakan hal yang tidak asing kita temui sehari-hari, limbah tersebut juga di bagi menjadi dua jenis yaitu yang dapat mudah terurai dan ada yang sulit terurai. 

Hal ini di karnakan limbah rumah tangga berasal dari berbagai jenis kebutuhan rumah yang beraneka ragam jenisnya dimulai dari sampah organic seperti sisa-sisa dari sayuran atau anorganik yang berasal dari sampah industri biasa kita gunakan sehari-hari contoh kecilnya ialah plastic kemasan shampo.

Limbah rumah tangga yang terkadang kita buang begitu saja sebenarnya dapat kita manfaatkan Kembali tergantung jenis sampah tersebut.

Sebagai contoh, kelompok kami menjelaskan terkait pemanfaatan sampah organic yang bisa kembali di jadikan pupuk kompos serta sampah anorganik yang dapat dijadikan media tanamnya atau bahkan bisa menjadi sebuah kerajinan.

1. Contoh pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos

Cr. Pinterest (Sumber : https://pin.it/5MjKAo2)

2. Contoh pemanfaatan limbah rumah tangga anorganik menjadi kerajinan tangan

Cr. Pinterest (Sumber : https://pin.it/6TuZUV7)

Dapat kita lihat bahwa manfaat dari pemanfaatan limbah atau sampah rumah tangga juga dapat berguna untuk mengurangi banyak dampak buruk pada lingkungan tempat kita tinggal. Dimana keadaan bila terlalu banyak sampah maka akan lebih banyak kerugian yang harus lingkungan tanggung, seperti pernyakit yang mungkin di timbulkan, atau bahkan polusi udara.

Dari hasil sosialisasi tersebut, masyarakat merasa pengetahuan mereka terkait hal ini kembali bertambah yang di kuatkan oleh pendapat :

Bapak Sabari (Dusun Manggung, 2022) menyatakan bahwa"Dengan memanfaatkan sampah rumah tangga dalam artian sampah organik bisa digunakan untuk pembuatan pupuk, dalam artian bagus dan mudah untuk diterapkan".

Ibu Umi (Dusun Manggung, 2022) menambahkan"ternyata selain tidak baik mencampur sampah anorganik dan organik, sampah yang dipisah bisa lebih bermanfaat ya terutama dalam pembuatan pupuk organik dan setelah jadi pupuk rupanya bisa digunakan lagi untuk fermentasi berikutnya. Sangat bermanfaat dan bagus untuk diterapkan".

Demikian pemaparan dari perwakilan masyarakat yang mengikuti sosialisasi.

Selain sosialisasi tentang pemanfaatan limbah rumah tangga KKN-PPM kelompok 34 ini juga mengakhiri diskusi dengan pembagian hand sanitizer sebagai salah satu betuk terimaksih atas kehadiran para warga sekaligus ajang pengingat kembali tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Dokumentasi Kegiatan :



Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post