Mahasiswa KKN 36 UMBY Adakan Lomba Mewarnai Untuk Anak TK dan SD

Juara Kegiatan Lomba Mewarnai KKN 36 UMBY

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Angkatan 40 melakukan kegiatan Lomba mewarnai untuk tingkatan anak TK (Taman Kanak-kanak) sampai dengan anak SD (Sekolah Dasar) di Wukisari Bantul tepatnya di Padukuhan Tilaman pada Hari Minggu (30 Januari 2022).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB bertempat di ruang kelas paud untuk tingkat paud dan TK, sedangkan untuk tingkat SD dilaksanakan di aula pendopo Dusun Tilaman.

Melalui program ini mahasiswa KKN 36 UMBY berharap anak-anak dapat mengisi waktu luang dihari libur selama pandemi Virus Covid-19 yang masih ada sampai saat ini. Selain itu lomba mewarnai juga bertujuan untuk melatih kreativitas anak dalam mencocokkan warna serta melatih kedisiplinan.

Kegiatan lomba mewarnai ini diikuti 34 peserta anak-anak yang terdiri dari 21 anak SD dan 13 anak TK dan Paud. Selama perlomban anak-anak tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Anak-anak juga diwajibkan untuk membawa masker saat perlombaan dan menjaga jarak selama perlombaan.

Kegiatan lomba mewarnai dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang diawali dengan penyerahan bahan berupa gambar dengan tema "Mengenal Hewan dan Lingkungan" kepada masing-masing anak-anak untuk diwarnai selama 30 menit untuk tingkat Paud dan TK dan 60 menit untuk tingkat SD.

Penyelenggaraan lomba Mewarnai juga dibantu oleh Paguyuban Muda Mudi dan juga para Ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) padukuhan Tilaman. 

Dalam kegiatan ini juga hadir Kepala Dusun Tilama Suhandri Haruno, beliau mengatakan bahwa para peserta lomba mewarnai merasa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan lomba mewarnai.

"Saya sendiri turut senang adanya acara ini karna melihat antusias anak anak yang begitu tinggi dengan acara lomba mewarnai," tutur Suhandri.

Setelah kegiatan lomba mewarnai selesai, selama penilaian para peserta diajak bermain game untuk melatih konsentrasi pada anak-anak. 

Setelah menemukan tiga pemenang terbaik untuk tingkat Paud dan TK, dan tiga pemenang untuk tingkat SD, seluruh peserta lomba juga diberi bingkisan makanan sebagai bentuk apresiasi saat mengikuti lomba.

Penulis : Veren Oktarisa

Dokumentasi :

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post