Mahasiswa KKN 46 UMBY Beri Pendampingan Digital Marketing Di UMKM Sarisa Merapi

Pendampingan Digital Marketing KKN 46 UMBY

dilamedia.com, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 46 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang tergabung dalam KKN Tematik memberikan pendampingan penjualan produk dengan digital marketing di UMKM Sarisa Merapi (P4S) Dusun Kemiri, Purwo Binangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta pada hari Selasa (01/02/2022).

Mahasiswa KKN Tematik kelompok 46 UMBY berkesempatan untuk menganalisis permasalahan yang sedang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sarisa Merapi dengan didampingi oleh Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kurang maksimalnya pemanfaatan digital marketing di Sarisa Merapi menjadi hambatan dalam pemasaran produk. Pada masa pandemi ini digital marketing sangat membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk dalam jangkauan luas.

KKN Tematik kelompok 46 UMBY mempunyai program kerja untuk mendukung pemasaran produk dengan memanfaatkan akun sosial media Sarisa Merapi. KKN Tematik kelompok 46 UMBY memberikan pendampingan dalam strategi pemasaran online dengan membuat katalog produk, pengelolaan digital marketing seperti pembuatan website, serta langkah-langkah membuat tampilan produk yang lebih menarik untuk dipasarkan di akun sosial media maupun marketplace.

Tujuan program kerja digital marketing untuk menghubungkan pelaku usaha dan konsumen, serta memberikan wawasan kepada pelaku UMKM dalam menyusun strategi pemasaran secara online.

Selain itu, KKN tematik kelompok 46 UMBY juga melaksanakan program kerja untuk mendukung kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di tengah pandemi dengan melakukan pemasangan alat ukur suhu, alat handsanitizer, mouth shield, vitamin C, lampu uv sterilisasi, penempelan poster protokol kesehatan di area tempat kerja, lalu diadakannya sosialisasi penerapan dan perawatan program tersebut.

Tujuan dilakukan program kerja ini adalah untuk meminimalisir, mencegah, dan mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19 pada karyawan maupun pengunjung.

Kegiatan KKN ini mendapatkan respon positif dari owner sekaligus pengelola UMKM Sarisa Merapi.

“Alhamdulilah, semoga dengan adanya kegiatan mahasiswa KKN dari UMBY ini bisa membantu kami dalam mengembangkan pemasaran melalui digital marketing,” ujar Rini Handayani

Selain itu respon positif lain juga disampaikan Siti yang merupakan salah satu karyawan UMKM Sarisa Merapi.

“Dengan adanya mahasiswa KKN UMBY ini dapat bermanfaat untuk UMKM maupun karyawan, dan juga bisa membantu karyawan tetap bekerja dengan menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang baik,” ujar Siti.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda

Previous Post Next Post